Rudiantara Minta Anak Muda jadi Pelopor Lawan Hoaks

Telset.id, Jakarta – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memiliki harapan besar bagi anak muda di peringatan Sumpah Pemuda ke-90. Ia berharap para penerus bangsa ini dapat menjadi pelopor dalam berperang melawan informasi hoaks.

Dilansir Telset.id dari laman resmi Kominfo pada Senin (29/10) Rudiantara menilai jika pemuda Indonesia memiliki semangat yang besar sejak dulu, sehingga semangat itu bisa terus dibawa dalam melawan hoaks yang ada di dunia digital.

“Sejak dulu generasi muda selalu menjadi pelopor atas semangat dan ikatan kebangsaan kita. Kiranya juga tetap demikian di era digital ini, karena pemuda adalah garda terdepan kita dalam memerangi hoaks yang memecah-belah bangsa,” ucapnya di Talkshow MilenialFest di Djakarta Theater, Jakarta, Minggu (28/10/2018).

Anak muda saat ini menurutnya memiliki intelektual yang tinggi. Mereka mampu menciptakan inovasi di dunia digital dan mampu membedakan konten hoaks di internet.

“Kelompok yang disebut generasi milenial itu dianggap cukup cerdas dalam memilah mana berita yang benar dan salah,” ujarnya.

Saat ini menurutnya justru orang tua yang lebih banyak percaya dengan konten hoaks. Hal ini yang harus diatasi dan anak muda harus membantu orang tua dalam memilah informasi.

“Ada report dari mana gitu, yang (menyebut) milenial itu nggak suka hoaks, jadi yang suka hoaks itu justru yang rada-rada toku (tua) lah,” jelas Rudiantara.

Di momentum peringatan Sumpah Pemuda tahun ini, Rudiantara mengajak anak muda untuk menjadi inspirasi bagi generasi tua agar lebih cermat dalam menerima informasi yang beredar di dunia digital.

“Menurut saya yang muda-muda milenial itu tidak suka hoaks. Bagaimana caranya (agar) mendorong yang toku-toku ini agar tidak bermain hoaks,” ungkapnya,

Millenials Festival 2018 digelar untuk menginspirasi generasi milenial agar dapat berkontribusi atas pembangunan di Indonesia. Sejumlah pakar dan pelaku langsung  pembangunan ikut menjadi pengisi acara itu.

Rudiantara diundang menjadi pembicara dalam panel bersama Patrick Walujo selaku Direktur Northstar dan Teddy Oetomo  selaku Chief Strategy Officer dari Bukalapak. 

Dalam acara tersebut, Rudiantara juga mendorong generasi milenial untuk mencari solusi atas problem-problem di Indonesia.  “Supaya startup baru bisa inovatif dan berdaya guna untuk bangsa sendiri,” tutup Rudiantara. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI