Tahun Depan, Rumah di Jepang akan Pakai “Satpam Virtual”

Telset.id, Jakarta – Inovasi teknologi terus dilakukan oleh masyarakat Jepang. Mulai tahun depan Negeri Sakura tersebut akan kehadiran penjaga keamanan atau “satpam virtual” yang mampu menjaga rumah atau kawasan bisnis.

Dilansir Telset.id dari Futurism pada Sabtu (04/05/2019), inovasi ini dilakukan oleh perusahaan keamanan Jepang yang bernama Secom. Dalam siaran pers-nya Secom mengatakan bahwa satpam virtual buatannya akan hadir dalam bentuk laki-laki atau perempuan yang diberi nama Mamoru dan Ai.

“Mereka dapat membantu Jepang mengatasi kekurangan tenaga kerjanya,” tulis pihak Secom.

Satpam virtual tersebut ditenagai oleh teknologi Artificial Intelligence (AI). Mereka akan muncul di cermin stasioner besar dan bisa ditempatkan di jalan masuk gedung.  Walaupun memiliki tampilan virtual, kemampuan mereka jangan diragukan.

{Baca juga: Jepang Siapkan Robot Polisi untuk Amankan Olimpiade 2020}

Dengan menggunakan berbagai kamera dan teknologi pengindera gerak, penjaga keamanan virtual ini dapat memindai pengunjung, mencari barang mencurigakan atau tanda-tanda bahwa orang tersebut berusaha menyembunyikan identitas mereka.

Apa pun yang dilihat oleh penjaga virtual dapat diterima secara real-time ke layar sehingga dipantau oleh penjaga manusia, yang kemudian dapat melakukan intervensi jika diperlukan untuk menjaga keamanan.

Selain menjaga satpam virtual ini  dapat berfungsi sebagai resepsionis. Mereka mampu menjawab pertanyaan pengunjung dan mengarahkan mereka sesuai kebutuhan. Mereka dapat memberikan layanan darurat dan memberi tahu penjaga manusia jika mereka melihat seseorang pingsan atau tak berdaya.

{Baca juga: Jepang Perkenalkan Robot Relawan di Olimpiade Tokyo 2020}

Sebelumnya Jepang sendiri mulai memperkenalkan teknologi terbaru yang disiapkan untuk gelaran Olimpiade Tokyo Jepang pada tahun 2020. Baru-baru ini Negara Sakura itu memperkenalkan robot relawan yang akan membantu panitia dan atlet Olimpiade dan Paralimpiade di sana.

Dilansir Telset.id dari The Verge pada Sabtu (16/03/2019), ada dua jenis robot buatan perusahaan otomotif Toyota yang diperkenalkan sebagai relawan Olimpiade Tokyo. Layaknya relawan manusia, tugas robot relawan tersebut akan memberikan informasi, mengarahkan penonton ke kursi serta membawa makanan dan minuman.

Sumber: Futurism

Previous articleIndosat Tunjuk Abdulaziz Al Neama Gantikan Chris Kanter
Next articleActivision Segera Hadirkan Call of Duty Modern Warfare 4 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here