telset

Tahun 2020, IKEA Kirim Barang Pakai Mobil Listrik

Telset.id, Jakarta – Penggunaan mobil listrik untuk industri akan menjadi tren beberapa tahun lagi. Sejumlah perusahaan mulai menyatakan minatnya untuk menggunakan kendaraan tanpa polusi udara ini.

Salah satunya adalah IKEA, perusahaan furniture asal Swedia ini bakal menggunakan mobil listrik sebagai armada pengiriman barang di 5 kota besar. Nantinya, mobil listrik IKEA akan mengirimkan barang di Amsterdam, Los Angeles, New York, Paris dan Shanghai pada 2020 mendatang.

Kebijakan baru IKEA ini merupakan rencana jangka panjang untuk dapat menerapkan teknologi agar 25 persen pengiriman barang yang dilakukan tak menimbulkan polusi. Selain itu, rencananya IKEA juga ingin menggunakan kendaraan listrik untuk seluruh armada pengiriman barangnya pada 2025 mendatang.

Baca Juga:  Keren! Perusahaan Ini Kirim Barang Pakai Mobil Listrik Modular

Tak seperti perusahaan lainnya, IKEA sampai saat ini masih belum mengungkapkan jenis kendaraan yang dipergunakan nanti. Tak hanya itu, mereka juga belum memberikan informasi soal kerjasama dengan produsen mobil listrik tertentu.

“Bagi kami, menjaga pertumbuhan bisnis pada jalur yang berkelanjutan adalah hal penting. Ini sebabnya kami menggenjot transisi ke kendaraan elektrik di kawasan dalam 5 kota,” ujar CEO IKEA Group Jesper Brodin, seperti dikutip dari Channel News Asia, Senin (17/09/2018).

Baca Juga: Saingi Tesla, Mercedez Benz Luncurkan Mobil Listrik Pertama

Sebelumnya perusahaan jasa pengiriman, United Parcel Service (UPS) dan perusahaan teknologi asal Inggris, Arrival telah menjalin kerja sama untuk mengembangkan 35 kendaraan logistik bertenaga listrik modular. Kendaraan itu sendiri telah diuji coba di London, Inggris dan di Paris, Perancis.

UPS mengatakan, mobil listrik modular memiliki daya baterai yang tahan dipakai untuk menempuh jarak lebih dari 150 mil atau sekitar 240 kilometer. Soal kadar emisi, tak perlu ditanyakan karena dipastikan bebas karbon.

Kendaraan logistik UPS ditenagai listrik modular yang memiliki layar canggih serta fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang akan menjamin keselamatan pengemudi. Selain itu, fitur tersebut juga membantu pengemudi mengurangi kelelahan.

Baca Juga: Keren! Perusahaan Ini Kirim Barang Pakai Mobil Listrik Modular

UPS juga mengklaim jika jangkauan kendaraan logistik bertenaga listrik modular lebih tinggi ketimbang yang telah digunakan sebelumnya oleh perusahaan. Sekedar informasi, saat ini UPS memiliki lebih dari 300 kendaraan listrik dan 700 kendaraan listrik hibrida.

“Kolaborasi dengan Arrival membantu UPS mengembangkan cara-cara baru untuk mengurangi emisi, ”kata Luke Wake, Director for Automotive Engineering UPS. (WS/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0