Swalayan Pintar ‘Amazon Go’ Resmi Beroperasi Tanpa Kasir

Telset.id, Jakarta – Raksasa e-commerce asal Amerika Serikat, Amazon, hari ini, Senin (22/1/2018) resmi membuka “swalayan pintar” Amazon Go untuk publik di Seattle. Amazon Go adalah swalayan yang sarat dengan kecanggihan teknologi.

Dikutip dari The Guardian, Amazon Go menjual keperluan sehari-hari, tetapi tidak melibatkan kasir. Proses belanja pun menjadi lebih mudah dan cepat.

Sebelum masuk swalayan seluas 167 meter persegi itu, para calon pembeli harus melakukan pemindaian aplikasi Amazon Go. Setelahnya, mereka bisa berbelanja seperti biasa.

Walau tanpa kasir, Amazon Go tetap mempekerjakan karyawan untuk melakukan pemeriksaan identitas bagi calon pelanggan yang hendak membeli wine dan bir.

Amazon Go mengandalkan kamera dari atas dan sensor di bawah rak untuk melacak barang-barang yang diambil oleh para pembeli.

Amazon membuat sistem keranjang belanja virtual yang secara otomatis akan menambahkan barang-barang yang diambil oleh pengunjung.

Di Amazon Go, pembeli tidak akan menemukan antrean dalam melakukan pembayaran. Sebab, tagihan belanja langsung dipotong dari kartu kredit ketika mereka meninggalkan tempat tersebut.[SN/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here