Studi: Penggunaan Facebook Meningkat karena Kurang Tidur

JAKARTA, TELSET.id – Apakah Anda merasa semakin sering menggunakan Facebook? Bisa jadi hal itu mungkin karena Anda kurang istirahat atau tidur yang cukup. Kok bisa?

Studi terbaru dari Universitas California Irvine menunjukkan adanya korelasi antara penurunan jam tidur dengan naiknya jam penggunaan Facebook. Jadi, bukan karena menggunakan Facebook, lalu jam tidur berkurang.

Seperti dikutip dari SlashGear, sudah banyak studi yang mencontohkan bahwa mereka yang lebih banyak menggunakan media sosial akan mengalami kesulitan tidur. Termasuk studi terbaru Universitas Pittsburgh.

Namun, Universitas California Irvine mengatakan sebaliknya. Menurut studi mereka, orang yang kurang tidur akan cenderung kelelahan, yang membuat level distraksi mereka tinggi. Dan hasilnya, mereka akan lebih banyak bermain Facebook.

“Jika Anda terdistrasi, apa yang akan Anda lakukan? Anda akan masuk ke Facebook. Media sosial tersebut ringan, mudah dan Anda lelah,” kata Gloria Mark, kepala peneliti dan pengajar informatika di universitas tersebut.

Studi ini fokus pada siswa yang menggunakan smartphone, survey tidur, dan cek mood atau suasana hati. Hasilnya, kelelahan kronis, serta suasana hati yang buruk (bad mood), akan meningkatkan penggunaan teknologi informasi atau gadget.

Bukan Facebook yang harus disalahkan pada studi ini, namun pada penggunaan smartphone sebelum tidur. Sebagai solusi, sebaiknya pengguna smartphone mematikan benda tersebut 30 menit sebelum tidur. [VP/HBS]

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI