Strono, Robot AI yang Jago Membuat Pizza

Telset.id,Jakarta – Para ilmuwan mengatakan, robot Artificial Intelligence (AI) akan menggantikan peran manusia di masa depan. Namun, setidaknya manusia tak perlu berperang seperti dalam film Terminator, karena robot AI juga bisa kita suruh untuk membuat pizza.

Sebab, baru-baru ini sejumlah siswa di Amerika Serikat telah membuat robot AI yang memiliki kemampuan untuk  menciptakan resep pizza baru.

Proyek mahasiswa Massachusetts Institute of Technology ini bertujuan untuk membuktikan bahwa robot bisa menjadi kekuatan yang baik dengan mengajarkan AI, ratusan resep pizza.

Robot AI bernama Strono ini menggunakan apa yang telah dipelajarinya untuk menghasilkan ide topping baru yang selama ini tidak pernah terpikirkan.

Ide resep ini kemudian diwujudkan menjadi kenyataan oleh koki bernama Tony Naser yang memiliki restoran ternama, Crush Pizza di Boston.

Salah satu resep misterius yang dibuat oleh Strono adalah “saus walnut wale” dan satu lagi yang terbaik adalah “krim keju karamel”. Tony kemudian memutuskan memperkenalkannya pada menu: udang, sosis Italia, dan selai.

“Kami tidak menyangka ini akan dibuat, yang pasti ini pizza terbaik dari semua yang pernah ada,” kata tim itu dalam sebuah posting blog di Medium.

“Setelah mencicipi, Tony juga memutuskan untuk menaruh beberapa arugula di atasnya, dan benar-benar meningkatkan rasanya juga (kolaborasi manusia-AI, yay!),” tulisnya.

Para siswa yang terlibat dalam penelitian ini mengatakan bahwa mereka terinspirasi oleh banyaknya berita tentang bagaimana robot memiliki dampak negatif pada kemanusiaan dengan mengambil pekerjaan di masa depan.

“Setiap hari, kami mulai melihat lebih banyak berita tentang bagaimana mesin menjadi lebih baik dengan pekerjaan manusia, yang membuat orang khawatir bahwa AI pada akhirnya akan menyebabkan pengangguran massal dengan menggantinya,” kata lulusan Pinar Yanardag kepada CNBC Make It.

“Dalam proyek ini, kami ingin menunjukkan kepada publik bahwa kita tidak perlu takut dengan AI, tetapi kita dapat bekerja sama dengan AI untuk mencapai hasil yang paling kreatif dan produktif,” jelasnya.

Ia mengatakan, robot AI ada untuk membantu manusia dalam segala hal. Mulai dari pembuatan pizza hingga desain fashion, dan bukan untuk menggantikan manusia.

Tim ini mengucapkan terima kasih khusus kepada Tony dan Strono karena mengambil bagian dalam apa yang mereka sebut kolaborasi manusia-AI. [BA/HBS]

Sumber :

dailystar.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0