NASA Temukan Pizza Pepperoni di Planet Jupiter

Telset.id, Jakarta – Amerika Serikat (AS) merayakan Hari Pizza Pepperoni Nasional setiap tanggal 20 September. Banyak pihak yang turut meramaikan hari spesial tersebut, termasuk badan antariksa AS, NASA.

Dilansir dari CNN, Jumat (20/09/2018), NASA baru-baru ini membagikan video di akun resmi Twitter-nya yang menampilkan video infrared 3D dari kutub utara planet Jupiter.

Pada video, kutub utara planet terbesar di tata surya ini didominasi warna merah dan oranye yang tampak mirip pizza pepperoni.

“Apakah itu delivery atau dynamo? Karena (hari) ini adalah #NationalPepperoniPizzaDay, hasil inframerah Jupiter North Pole dari @NASAJuno ini membuat kita memimpikan pizza,” kata NASA.

Baca juga: NASA Temukan Dua Planet Baru Mirip Bumi

Gambaran “Pizza Pepperoni” di Planet Jupiter didapatkan NASA setelah para ilmuwannya mengembangkan video dengan menggunakan data yang dikumpulkan pada misi Juno oleh Jovian InfraRed Auroral Mapper (JIRAM). Gambar-gambar itu diperoleh pada putaran keempat yang dilakukan pesawat antariksa terhadap Jupiter.

Dijelaskan oleh NASA, area berwarna kuning yang menyerupai keju merupakan area yang lebih hangat atau area yang lebih masuk ke dalam atmosfer Jupiter.

Baca Juga: Ilmuwan Siap Bangun “Rumah Igloo” di Planet Mars

Sedangkan daerah berwarna merah yang mirip seperti pepperoni merupakan area yang lebih dingin atau berada lebih tinggi dari atmosfer Jupiter. Data semacam itu diperlukan oleh ilmuwan untuk memahami lebih dalam cara kerja Planet Jupiter.

“Sebelum misi Juno, kami hanya dapat menebak-nebak seperti apa rupa kutub-kutub Jupiter,” terang Alberto Adriani, wakil pimpinan peneliti Juno dan ilmuwan senior di National Institute of Astrophysics and Planetology.

“Sekarang, dengan Juno terbang melewati kedua kutub dengan jarak yang dekat memungkinkan pengumpulan citra infrared dari pola cuaca di kutub Jupiter dan siklon raksasanya dengan resolusi spasial yang belum pernah terjadi sebelumnya,” lanjut Adriani.

Baca juga: Falcon 9 Bawa Satelit untuk Cari Planet seperti Bumi

Misi Juno sendiri pertama kali diluncurkan pada Agustus 2011 silam dan memasuki orbit Jupiter pada Juli 2016. NASA berencana untuk melanjutkan misi tersebut hingga Juli 2021 mendatang. (AU/FHP)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Kominfo Pantau Hoaks RUU Cipta Kerja di Media Sosial

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate mengaatakan pihaknya akan memantau isu-su terkait RUU Cipta Kerja di media sosial...

Tips Hindari Serangan Cyber “APT” yang Mengancam Indonesia

Telset.id, Jakarta - Kaspersky mengungkapkan bahwa serangan Advanced Persistent Threats atau APT menjadi ancaman cyber yang serius dan lebih berbahaya bila dibandingkan dengan malware yang ada sekarang....

Sah! Aturan Blokir Ponsel BM Berlaku 18 April Mendatang

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate memastikan aturan blokir ponsel BM atau black market melalui IMEI akan berlaku pada...

Waspada! Serangan Cyber Berbahaya Intai Pengguna di Indonesia

Telset.id, Jakarta - Kasperksy mengungkapkan adanya peningkatan serangan cyber berbahaya di Asia Tenggara yang terjadi sepanjang tahun 2019. Kaspersky mengatakan, serangan...

Tips Foto Bokeh dengan Smartphone, Biar Lebih Maksimal

Telset.id, Jakarta - Bokeh menjadi salah satu pengalaman fotografi yang umum digunakan pada smartphone saat ini. Tidak seperti dahulu...
- Advertisement -