Sony Xperia Z4 Tanpa Fitur Tahan Air?

Bocoran kerangka Xperia Z4 vs Xperia Z3JAKARTA – Setelah Samsung meluncurkan flagship terbarunya Galaxy S6 dan S6 edge, kini banyak yang menanti flagship terbaru dari Sony, Xperia Z4. Meski belum jelas tanggal peluncurannya, namun bocoran informasinya mulai bertebaran. Salah satunya yang paling anyar adalah foto-foto kerangka yang diklaim sebagai Xperia Z4.

Foto kerangka ini memang tidak mengungkap wujud utuh dari penerus Xperis Z3 itu. Namun dari foto tersebut, kita bisa mendapatkan informasi penting tentang desain dan fitur yang mungkin dibawa Xperia Z4.

Bocoran ini didapat dari sumber di FutureSupplier, yang mengklaim telah membandingkan kerangka yang diduga Xperia Z4 dengan Xperia Z3. Dari perbandingan tersebut, diketahui ada sedikit perbedaan ukuran dari keduanya.

Pada kerangka yang diduga sebagai Xperia Z4 lebih tipis 0,04 inci (atau sekitar 1 mm), dan 0,25 in (6,3 mm). Itu artinya Xperia Z4 bakal lebih tipis dibandingkan kedua iPhone 6 dan Galaxy S6 serta S6 Edge.

Tipisnya bodi Xperia Z4 diduga akan berpengaruh pada fitur yang akan dibawanya. Melihat dari kerangka yang ditampilkan, kemungkinan (tapi juga bisa tidak) bahwa Sony akan menghilangkan fitur waterproof pada seri Xperia Z4. Dugaan ini masih menjadi perdebatan, karena seperti diketahui fitur anti-air selama ini menjadi fitur unggulan produk Sony.

Perkiraan akan hilangnya fitur waterproof juga muncul setelah melihat gambar kerangka ini menunjukan port microUSB yang telah dipindahkan ke bawah, dan tidak lagi dilindungi oleh karet (flap).

Tapi apakah dengan perubahan posisi itu lantas bisa dipastikan fitur tahan air benar hilang? Belum tentu. Karena mungkin saja untuk tahan air, port microUSB di ponsel ini tanpa menggunakan flap.

Selain berpindahnya port microUSB, Sony juga nampaknya mengikuti langkah Samsung yang tidak menyediakan slot untuk kartu microSD. Hal ini kita jumpai pada Samsung S6 dan S6 Edge.

Sony juga tidak lagi menempatkan mikrofon di sebelah jack audio, seperti pada pendahulunya, Xperia Z3. Melihat bocoran foto ini sepertinya akan banyak perubahan desain yang dilakukan Sony. Tapi inipun masih sebatas dugaan yang belum terkonfirmasi.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI