Sony Jelaskan Alasan Kenapa Bikin Ponsel Anti Air

Sony Xperia ZR

Jakarta –  Di akhir tahun 2012 lalu, Sony berhasil menggebrak pasar dengan meluncurkan smartphone Android dengan fitur anti-air pertamanya. Melihat sambutan pasar yang cukup bagus, sejumlah produsen ponsel Android pun mulai mengikuti langkah Sony tersebut.

Setelah sukses dengan model Xperia Z, vendor ponsel asal Jepang itu kemudian memutuskan untuk menyertakan fitur anti-air sebagai fitur wajib bagi produk flagship mereka sejak tahun 2013.

Sony kemudian meluncurkan lebih banyak lagi model Xperia, baik itu smartphone maupun tablet yang dilengkapi dengan fitur anti-air, seperti yang baru-baru ini diluncurkan, yakni Sony Xperia Z2 dan Xperia Tablet Z2.

Langkah Sony tersebut kini mulai menjadi tren, dan beberapa vendor ponsel lainnya mulai mengekor untuk menghadirkan fitur anti-air pada perangkat smartphone mereka.

Sony sendiri selama ini masih belum mengungkap alasan mengapa terinspirasi menghadirkan fitur anti-air di perangkat seri Xperia mereka. Namun setelah menghadirkan beberapa model Xperia dengan fitur tersebut, Sony akhirnya membeberkan alasan mereka memutuskan untuk menghadirkan fitur anti-air sebagai fitur utama di lini Xperia.

Dalam infografis yang dirilis Sony yang telsetNews kutip dari BGR, Jumat (2/5/2014), Sony mengatakan bahwa setiap tahun ada lebih dari 250 ribu orang yang melakukan pencarian di Google tentang bagaimana cara mengatasi ponsel yang bermasalah akibat terkena air.

Diungkapkan bahwa sekitar 75 persen pengguna ponsel di Inggris masih membawa perangkat ponselnya saat berendam di bathtub, dan 1 dari 5 orang pengguna rata-rata pernah mengalami insiden ponselnya tidak sengaja jatuh ke toilet.

Sony juga mengemukakan tentang tingginya curah hujan di sejumlah kawasan, dan sudah tentu masalah ini cukup mengkhawatirkan bagi para pengguna ponsel, seandainya mereka sedang berada di luar ruangan.

Dengan menghadirkan fitur anti-air disejumlah seri Xperia terbaru, maka Sony berharap para pengguna yang tinggal di kawasan dengan curah hujan tinggi nantinya bisa beralih menggunakan Xperia. Karena menurut Sony, fitur anti-air di seri Xperia bisa mengatasi masalah kekhawatiran rusaknya ponsel hujan atau masalah-masalah air lainnya.

Sony juga menjelaskan tentang arti dari rating IP58 untuk sertifikasi fitur anti-air dan anti-debu yang tersemat di perangkat ponselnya, seperti yang telah kami jelaskan dalam tulisan terdahulu tentang perbedaan fitur tahan air dan anti-air.

IP merupakan kependekan dari Ingress Protection Rating, yang merupakan klasifikasi serta tingkatan perlindungan yang ada pada sebuah perangkat terhadap material yang bersifat merusak seperti air dan debu. Standar ini dikeluarkan oleh International Electrotechnical Commission (IEC).

Angka pertama dalam dua digit peringkat IP menunjukkan tingkat perlindungan terhadap benda padat, termasuk debu . Angka kedua menunjukkan seberapa tahan perangkat terhadap air. Semakin tinggi angka, semakin tinggi kemampuan perlindungannya.

So, jika Anda pernah melihat atau membaca informasi yang menyebutkan smarthone Sony Xperia Z Ultra memiliki rating IP58, itu artinya perangkat ponsel tersebut bisa dikategorikan sebagai tahan air dan tahan debu. Sony bahkan mengklaim perangkat ponselnya itu sanggup direndam dalam air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.[HBS]

Infografis Sony

Infografis Sony 2

Infografis Sony 3

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI