Lewat Sang Asisten Virtual, Amazon Jamin Privasi Anak-anak

Telset.id, Jakarta – Amazon punya dua asisten virtual bernama Echo Dot dan Alexa. Bahkan, khusus Alexa, ada yang versi untuk anak-anak bernama FreeTime. Pertanyaannya, bagaimana keduanya bisa membatasi diri dengan privasi para bocah?

Dilansir Engadget, Senator Edward J Markey asal Massachusetts dan Rep Joe Barton asal Texas ingin tahu kebijakan apa yang diterapkan raksasa e-commerce itu untuk memastikan privasi anak-anak tak terganggu pembicara dan asisten suara tersebut.

Para pembuat undang-undang telah menulis surat kepada perusahaan elektronik yang berbasis di Seattle itu, menanyakan apakah interaksi anak-anak dengan dua peranti itu disimpan dan dibagikan dengan pihak ketiga. Mereka juga ingin tahu apakah raksasa jual beli online itu bekerja dengan ahli perkembangan anak ketika merancang perangkat.

Amazon menjawab beberapa kekhawatiran anggota parlemen dalam sebuah pernyataan, “Amazon sangat memperhatikan privasi dan keamanan. Orangtua punya jangkauan untuk menghapus rekaman anak-anak tidak hanya dari perangkat, tetapi juga server.”

“Tidak ada pengembang di luar perusahaan yang dapat mengaksesnya. Juga, pembicara hanya akan merekam suara ketika mendengar kata “bangun”. Kami mematuhi Undang-undang Perlindungan Privasi Online Anak-Anak,” imbuh Amazon.

Sang Direktur Eksekutif, Josh Golin, mengatakan, “Kami ingin anak-anak bergantung kepada perangkat Amazon sejak bangun pagi sampai tidur pada  malam hari. Echo Dot Kids, bagi kami, merupakan gadget yang wajib dimiliki,” ujarnya.

Kasus kebocoran data pengguna telah membuat regulator bertindak tegas terkait keberadaan perangkat maupun aplikasi. Setelah Facebook dipaksa duduk di kursi pesakitan, kini giliran Amazon dicecar oleh senator untuk menjamin keamanan pemakaian FreeTime dan Echo Dot Kids. [SN/IF]

Source Link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here