Snapdragon 8cx, Chip 7 Nanometer Paling Gahar untuk Laptop

Telset.id, Jakarta  – Selain mengumumkan chipset mobile terbarunya, Snapdragon 855, Qualcomm juga meluncurkan chipset 7 nanometer untuk laptop pertama di dunia, Snapdragon 8cx di ajang tahunan Snapdragon Technology Summit.

Snapdragon 8cx dilengkapi oleh GPU Qualcomm Adreno 680 yang terbaru, GPU terkuat yang pernah diusung oleh raksasa teknologi asal Amerika Serikat itu.

Qualcomm menggandakan memory interface dari 64 bit menjadi 128 bit dengan performa yang lebih gahar dibandingkan prosesor PC sebelumnya.

Konsumen akan mendapatkan keuntungan dari pengalaman yang lebih baik dan grafis yang luar biasa saat menciptakan dan mengonsumsi konten.

“Berangkat dari prinsip pada kekuatan performa dan waktu penggunaan perangkat, kami mengusung inovasi 7nm ke dalam industri PC, memungkinkan kapabilitas layaknya ponsel untuk mentransformasi pengalaman (menggunakan) komputer,” kata Alex Katouzian, Senior Vice President and General Manager, Mobile, Qualcomm Technologies.

Snapdragon 8cx diklaim akan memberikan pengguna bisa merasakan pengalaman komputasi dengan daya tahan berhari-hari dan konektivitas multi-gigabit dalam bentuk yang tipis, ringan dan fanless.

{Baca juga: Selain 5G, Ini 4 Kemampuan Baru Snapdragon 855}

Snapdragon 8cx didukung oleh CPU Kryo 495 octa-core terbaru, CPU Kryo tercepat yang pernah dirancang dan dibuat oleh Qualcomm Technologies, Inc.

Dengan cache yang lebih besar, Kryo 495 memungkinkan multi- tasking yang lebih cepat serta meningkatkan produktivitas pengguna dan memiliki desain yang tipis, ringan dan fanless yang ada saat ini.

Snapdragon 8cx disebut meningkatkan performa dengan menggunakan sedikit saja daya jika dibandingkan dengan kebutuhan kompetitor, sehingga memungkinkan daya baterai PC bertahan selama beberapa hari.

Snapdragon 8cx menjadi platform Snapdragon pertama yang siap untuk konsumen Windows 10 Enterprise. Hal ini dapat membuat konsumen korporasi bisa melakukan lebih banyak hal dan tetap aman saat memanfaatkan komputasi awan.

Selain itu, chipset ini sudah mendukung Qualcomm Quick Charge 4+ yang dirancang untuk memberikan waktu pengisian daya super cepat bagi pengguna yang selalu berpergian.

Teknologi lainnya yang ditanamkan adalah teknologi audio Qualcomm Aqstic, yang terdiri dari audio codec canggih, smart power amplifiers dan rangkaian perangkat lunak canggih bagi audio dan suara.

Teknologi tersebut untuk memberikan audio Bluetooth nirkabel beresolusi tinggi, sehingga meningkatkan akses dan pilihan asisten suara seperti Cortana dan Alexa bagi penggunanya.

{Baca juga: Bukan Samsung, OnePlus jadi Smartphone Pertama Snapdragon 855}

Bagi pengguna yang ingin menyambungkan perangkat Bluetooth nirkabel ke Snapdragon 8cx, mereka dapat menikmati audio High-Fidelity (Hi-Fi) berkat integrasi Qualcomm aptX HD.

Chipset ini juga didukung generasi kedua dari USB 3.1 Type C dan generasi ketiga PCI-E untuk peripheral tidak terbatas, untuk menghubungkan perangkat dengan Snapdragon 8cx ke dua monitor 4K High Dynamic Range (HDR).

Saat ini, Snapdragon 8cx berada dalam tahap sampling kepada konsumen dan diharapkan akan digunakan secara komersial di kuartal ketiga tahun 2019. [HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0