Snapdragon 855: Masuki Era Baru 5G, AI dan XR

Telset.id, Jakarta – Di hari kedua acara tahunan Snapdragon Technology Summit, Qualcomm Technologies mengumumkan chipset generasi terbaru dari Mobile Platform seri 8 yang sudah mendukung teknologi 5G, yakni Snapdragon 855 Mobile Platform,

Ini merupakan chipset mobile komersial pertama di dunia yang secara kolektif mendukung 5G multi-gigabit, artificial intelligence (AI), dan extended reality (XR) imersif sehingga dapat memulai era baru dari revolusi perangkat seluler.

Menggunakan arsitektur chip baru yang dibangun di atas proses teknologi 7nm, Snapdragon 855 diklaim akan memberikan penggunaan daya tahan baterai yang lebih lama dan pengalaman superior di area imaging, audio, gaming dan XR.

“Sejalan dengan peluncuran jaringan 5G oleh para operator di awal tahun 2019, konsumen untuk pertama kalinya mendapatkan manfaat dari pengalaman transformatif 5G di dalam perangkat seluler yang menggunakan Snapdragon 855,” kata Alex Katouzian, Senior Vice President and General Manager untuk Mobile di Qualcomm Technologies, Inc di Hawaii, Rabu (5/12/2018) lalu.

Konektivitas

Snapdragon 855 membawa pengalaman transformative 5G kepada dunia dengan modem 5G X50, dan disaat yang bersamaan juga memaksimalkan yang terbaik dari konektivitas 4G multi-gigabit dengan modem LTE Snapdragon X24.

Dengan dukungan 5G di frekuensi Sub-6 GHz dan mmWave, Snapdragon X50 memberikan respon dan kecepatan yang belum pernah ada sebelumnya. Platform ini didesain untuk membawa kecepatan multi-gigabit yang belum pernah tercapai di komunikasi seluler sebelumnya.

Di frekuensi mmWave, pengguna dapat melihat hingga 20x rata-rata performa yang lebih cepat dibanding beberapa solusi komersial yang ada saat ini untuk memenuhi tuntutan data yang ada.

Selain itu, chipset ini juga membuka jalan untuk pengalaman imersif generasi selanjutnya seperti game VR multiplayer, berbelanja menggunakan AR, dan kolaborasi video secara real time.

Snapdragon 855 juga menawarkan performa menakjubkan dari Wi-Fi generasi selanjutnya berkat Qualcomm Wi-Fi 6-ready mobile platform, termasuk fitur canggih seperti 8×8 sounding untuk mendukung lebih banyak perangkat secara lebih efisien (hingga 2x peningkatan dibanding 4×4 sounding device), Target Wakeup Time untuk 67% efisiensi daya, dan keamanan terkini dengan WPA3.

Snapdragon 855 juga mendukung mmWave Wi-Fi menggunakan Qualcomm 60 GHz Wi-Fi Mobile Platform. Platform yang berdasar pada 802.11ay pertama di industri ini meningkatkan kecepatan Wi-Fi hingga 10Gbps dan membawa latensi rendah layaknya koneksi menggunakan kabel.

Snapdragon 855 juga meningkatkan dukungannya untuk teknologi Qualcomm TrueWireless Stereo Plus sehingga dapat memenuhi tuntutan yang terus berkembang di pasar headset dan hearable untuk perangkat nirkabel dengan mengoptimasi latensi yang rendah antara earbud kiri dan kanan.

Dan di saat yang sama juga menurunkan konsumsi daya sehingga waktu penggunaan lebih lama dalam satu kali pengisian daya.

Kinerja

Snapdragon 855 didesain untuk memberikan kinerja dan efisiensi yang terdepan di industri. Platform ini didukung oleh CPU Qualcomm Kryo 485 yang dibangun di atas teknologi Arm Cortex, menawarkan hingga 45% peningkatan kinerja dibanding platform premium generasi sebelumnya.

GPU Qualcomm Adreno 640 terbaru memberikan hingga 20% grafis yang lebih cepat dibanding generasi sebelumnya dan tetap mempertahankan posisi sebagai pemimpin untuk performa per watt.

Pengalaman gaming menggunakan grafis Adreno akan mencapai level baru dalam mewujudkan realita permainan melalui dukungan Vulkan 1.1, high dynamic range (HDR), dan physically based rendering (PBR).

AI

Snapdragon 855 didukung oleh generasi keempat multi-core Qualcomm AI Engine yang menawarkan kapasitas total hingga lebih dari 7 trillion operations per second1 (7TOPs) dan 3x performa AI dibanding generasi sebelumnya.

Qualcomm Hexagon 690 Processor terbaru termasuk di dalamnya Hexagon Tensor Accelerator (HTA) dan empat Hexagon Vector eXtensions (HVX) dengan desain terbaru – dua kali jumlah vector processing dari generasi flagship sebelumnya – dan empat scalar threads, yang mana keseluruhannya memberikan kombinasi tangguh untuk akselerasi AI khusus dan dapat diprogram.

{Baca juga: Selain 5G, Ini 4 Kemampuan Baru Snapdragon 855}

Peningkatan perangkat keras juga terjadi di GPU Adreno yang menampung lebih dari 50% arithmetic logic units 2 dan di CPU Kryo 485 dengan penambahan instruksi baru untuk lebih jauh mengingkatkan kecepatan performa AI.

Perangkat lunak generasi keempat Qualcomm AI Engine membawa beragam peningkatan di Qualcomm Neural Processing SDK, Google Android NN-API, Hexagon NN dan Qualcomm Math Library.

Sejumlah optimisasi jaringan yang presisi dan kelas neural network juga tersedia untuk mendukung lonjakan pengalaman pengguna untuk ondevice AI voice, kamera, gaming dan XR, yang sebagian banyak tersedia dari kolaborator perangkat lunak AI dari teknologi Qualcomm dan akan digunakan oleh perangkat-perangkat masa depan yang menggunakan Snapdragon 855.

Pihak-pihak yang menggunakan kapabilitas Qualcomm AI Engine generasi keempat diantaranya adalah AI Speech, AnyVision, iFlytek, Elevoc dan Nalbi.

Selain itu, Snapdragon 855 juga membawa asisten suara on-device yang lebih canggih menggunakan AI khusus untuk echo cancellation dan noise suppression sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan asisten suara di dalam perangkat kapan pun.

Kamera

Snapdragon 855 menetapkan standar baru dalam mengambil video dan foto yang luar biasa. Qualcomm Spectra 380 ISP terbaru menggabungkan beragam akselerasi perangkat keras dari kapabilitas computer vision (CV), memungkinkan CV- ISP yang pertama diumumkan di dunia ini untuk memberikan fitur komputasi fotografi dan pengambilan video tercanggih, dan di saat yang sama juga memberikan hingga 4x manajemen daya yang lebih efisien.

Yang termasuk dalam CV-ISP ini adalah depth sensing berbasis perangkat keras yang mampu mengambil video, klasifikasi objek, dan segementasi objek di saat yang bersamaan dalam resolusi 4K HDR pada 60fps.

Ini berarti pengguna dapat merekam video dan di saat yang bersamaan juga mengganti satu objek tertentu ataupun latar belakang di dalam video secara real time dengan resolusi 4K HDR dan pilihan lebih dari 1 miliar warna.

Selain itu, Qualcomm Spectra 380 ISP terbaru merupakan ISP pertama yang mendukung perekaman video menggunakan HDR 10+ sehingga lebih dari 1 miliar warna dengan kontras yang eksepsional dan visual yang brilian dapat ditangkap.

Terakhir, untuk menyimpan konten-konten idaman ini, Snapdragon 855 menambah akselerasi perangkat keras untuk format file encoding HEIF sehingga mengurangi ukuran file hingga 50% untuk menyimpan dan membagian konten secara lebih efisien.

Hiburan

Kemampuan Baru Snapdragon 855

Snapdragon 855 memberikan platform hiburan yang lebih baik untuk permainan game yang lebih realistis, sinematik yang lebih nyata dan performa XR yang lebih unggul.

Gaming

Snapdragon 855 merupakan platform pertama yang menawarkan Snapdragon Elite Gaming Experience terbaru. Pengalaman ini termasuk warna sekelas sinema di HDR yang sesungguhnya (lebih dari 1 miliar warna), tonemapping seperti film, serta dukungan untuk physically based rendering (PBR) dan grafis Vulkan 1.1.

Game yang membutuhkan spesifikasi tinggi akan berjalan lebih mulus menggunakan Snapdragon 855 dengan algoritma kustom yang dirancang untuk mengurangi dropped frames lebih dari 90%.

Game multi pemain juga mendapatkan peningkatan melalui latensi yang rendah akibat dukungan terhadap jaringan 5G, Wi-Fi yang berbasis 11ay 60GHz atau perbaikan algoritma untuk mengurangi latensi di standar 802.11 yang sudah ada.

Terakhir, pengalaman audio juga telah ditingkatkan dengan audio codec Qualcomm aptX Adaptive yang dirancang untuk memberikan pengalaman mendengar nirkabel dengan menggabungkan kualitas audio premium dan latensi rendah untuk penggunaan gim maupun multimedia.

Film

Peningkatan pengalaman sinema juga mendukung playback HDR 10+ fitur komersil pertama yang dapat digunakan dalam mobile. Pengguna juga dapat menonton lebih banyak film dalam satu kali pengisian daya sebab peningkatan perangkat keras decoding H.265 dan VP9 menawarkan efisiensi energi.

XR

Snapdragon 855 juga memungkinkan pengalaman volumetric virtual reality (VR) video yang imersif pada resolusi 8K. Penambahan ini, dan peningkatan kapabilitas lainnya, memberikan pengguna kebebasan seutuhnya untuk menonton, belajar, bermain dan berbagi pengalaman yang dinamis secara real time, bahkan dapat meleburkan batasan visual antara dunia fisik dan virtual.

{Baca juga: Bukan Samsung, OnePlus jadi Smartphone Pertama Snapdragon 855}

Snapdragon 855 merupakan mobile platform pertama yang mendukung Qualcomm 3D Sonic Sensor, solusi sidik jari ultrasonik komersial pertama di dunia yang dapat digunakan di bawah layar. Ia merupakan satu-satunya mobile solusi yang dapat secara akurat mendeteksi sidik jari bahkan dengan berbagai halangan.

Selanjutnya, teknologi ini juga mampu memungkinkan bentuk perangkat yang ramping dan modern namun di saat yang sama juga membedakan dirinya dari alternatif yang lain dengan tingkatan keamanan dan akurasi yang tinggi.

Chipset Snapdragon 855 saat ini tengah dalam tahap sampling dan diharapkan dapat mulai pengiriman di perangkat komersial pada paruh pertama tahun 2019. Chipset ini akan mentenagai generasi perangkat flagship di tahun 2019 mendatang. [HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0