Snapdragon 768G Meluncur, Lebih Kencang dengan Clock-speed 2.8 GHz

Snapdragon 768G

Telset.id, Jakarta – Qualcomm resmi mengumumkan prosesor terbaru dari seri Snapdragon 7xx, yakni Snapdragon 768G. Menjadi suksesor dari Snapdragon 765G, SoC ini dibuat menggunakan fabrikasi proses 7nm, mirip seperti seri SoC flagship Snapdragon 855.

Dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 768G dibekali dengan spesifikasi jauh lebih powerful dan mumpuni dibandingkan pendahulunya.

Mengusung CPU 8 inti (octa-core), prosesor ini memiliki clock-speed yang telah ditingkatkan menjadi 2.8 GHz, dari sebelumnya hanya 2.4 GHz (Snapdragon 765G).

{Baca juga: 3 Fitur dan Keunggulan dari Prosesor Snapdragon 865}

Komponen GPU yang digunakan pada SoC ini tetap sama dengan Snapdragon 765G, yakni Adreno 620. Namun, GPU Adreno 620 pada chipset tersebut telah ditingkatkan kecepatannya dari 625 Mhz ke 750 Mhz.

Qualcomm mengatakan, Snapdragon 768G menawarkan peningkatan performa hingga 15%. Dan lagi, SoC ini menjadi prosesor pertama dengan driver GPU yang bisa diperbarui.

“Mendukung Adreno Updateable GPU Drivers,” ucap Qualcomm, dalam keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Selasa (12/05/2020).

Seperti seri sebelumnya, Snapdragon 768G pun mendukung jaringan 5G berkat adanya model Qualcomm X52 5G. Modem tersebut sudah mendukung beberapa frekuensi 5G, seperti 5G mmWave dan sub-6GHz, baik standalone (SA) maupun non-standalone (NSA) dengan kecepatan hingga 3,7 Gbps (downlink) dan 1,6 Gbps (uplink).

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Terbaru}

Qualcomm pun menyematkan prosesor pengolahan gambar atau image signal processor (ISP) Spectra 355 pada SoC terbarunya. Chip tersebut mampu mendukung konfigurasi kamera hingga resolusi maksimal 192 MP.

Snapdragon 768G juga sudah dilengkapi dengan chip Qualcomm AI Engine (AIE) generasi kelima. Chip AIE ini diklaim mampu meningkatkan pengalaman mobile, mulai dari kamera, multimedia, sampai gaming. Terdapat pula chip Sensing Hub berdaya rendah yang mampu meningkatkan “kepekaan” AI agar lebih responsif terhadap perintah suara pengguna.

Kemampuan Snapdragon 768G lainnya adalah, fast charging Qualcomm Quick Charge 4 Plus, Bluetooth 5.2, hingga Snapdragon Elite Gaming.

Sedikit soal Snapdragon Elite Gaming, fitur ini merupakan optimasi gaming yang diberikan Qualcomm. Berbagai optimasi dihadirkan Qualcomm di sini, salah satunya adalah dukungan tampilan 10-bit HDR dan layar dengan refresh rate maksimal 120Hz.

{Baca juga: 10 Smartphone dengan Kamera “Optical Zoom” Terbaik 2020}

Prosesor terbaru itu pertama kali digunakan oleh smartphone terbaru Xiaomi, yakni Redmi K30 Racing Edition. Smartphone tersebut dibekali oleh layar 120Hz, kamera utama 64MP, dan tentu saja kemampuan gaming maksimal.

“Snapdragon 768G merupakan salah satu contoh bagaimana kami terus berupaya memberikan solusi yang dapat menjawab kebutuhan dari para OEM konsumen kami,” pungkas Kedar Kondap, Vice President Product Management, Qualcomm. (MF)

1 KOMENTAR

  1. jangan gabut2 teman-teman mendingan join langsung dan gabung di https://enakmain.com/ banyak game yang menarik yang bisa kalian mainkan loh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here