Siklus Produk Diperpanjang, iPhone 7 Tanpa Upgrade Besar

Telset.id, Jakarta – Apple disebutkan kemungkinan akan mengubah ‘pakem siklus’ yang selama ini mereka jalankan dalam merilis produk baru. Biasanya Apple menerapkan siklus dua tahunan untuk merilis produk baru dengan upgrade besar. Namun kini Apple kabarnya akan memperpanjang siklusnya menjadi tiga tahunan.

Dengan perubahan siklus menjadi tiga tahunan, maka kemungkinan iPhone 7 yang akan dirilis tahun 2016 ini (diperkirakan bulan September) hanya akan mendapat upgrade kecil atau hanya sedikit peningkatan/ penambahan fitur, seperti peningkatan kualitas kamera.

Langkah ini sebagian besar disebabkan fungsi smartphone masih memiliki sedikit ruang yang tersisa untuk perangkat tambahan utama. Selain itu, pasar yang saat ini sedang lesu juga menjadi pertimbangan Apple.

[Baca juga: iPhone 7s Dihilangkan, Apple Langsung Rilis iPhone 8]

Versi baru iPhone dijadwalkan akan dirilis pada musim gugur mendatang atau sekitar bulan September. Beberapa rumor yang beredar sebelumnya menyebutkan bahwa iPhone 7 masih cukup identik dengan iPhone 6 dan 6 Plus, baik dari sisi desain maupun fitur yang ditawarkan.

Apple kabarnya akan memberikan peningkatan pada beberapa fitur, seperti konektor USB Type-C yang memiliki dukungan untuk headset, wireless charging, scanner sidik jari pada layar, multi-Force Touch, serta dual camera yang masing-masing diaplikasikan pada panel belakang dan depan.

[Baca juga: iPhone 7 akan Dibekali Baterai Lebih Besar]

Pada tahun 2015 lalu, Apple berhasil menjual sekitar 230 juta unit handset. Namun tahun ini diperkirakan penjualan iPhone akan menurun. Menurut informasi yang didapat dari rantai pemasok iPhone, untuk tahun ini Apple hanya memesan pasokan komponen lebih sedikit ketimbang tahun lalu.

Melihat gelagat itu, Apple sepertinya memang tidak terlalu “ngoyo” (memaksa) untuk menghadirkan iPhone 7 dengan perubahan besar. Raksasa Cupetino ini disebutkan akan fokus memberikan upgrade besar untuk iPhone keluaran tahun 2017 mendatang.

Dari sejumlah rumor yang beredar menyebutkan bahwa Apple akan menyiapkan iPhone baru dengan OLED display 5.8 inci, yang siap meluncur pada tahun 2017.

Samsung kabarnya sudah hampir pasti akan ditunjuk Apple sebagi pemasok utama OLED display. Selain Samsung, supplier lain yang akan ikut dilibatkan adalah LG dan Japan Display, tapi untuk produksi setelahnya.

Menurut sumber di pemasok Apple, saat ini iPhone 6s Plus masih menggunakan layar LED 5,3 inci, namun bisa saja Apple meluncurkan perangkat dengan layar AMOLED 5,8 inci di awal tahun 2017.

[Baca juga: iPhone dengan OLED Display 5,8 Inci Meluncur 2017]

Selain penggunaan layar OLED dan ukuran layar yang lebih besar, iPhone yang dirilis tahun 2017 akan menggunakan panel depan dan belakang yang terbuat dari material dari lapisan kaca.

Apple juga kabarnya (akhirnya) tidak lagi menggunakan tombol home fisik seperti seri iPhone sebelumnya. Selain itu, iPhone mendatang juga diklaim akan dilengkapi fitur wireless charging.[HBS]

 

SourceGSMArena

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -