Sepi Peminat, Smartphone Mini Mulai Ditinggalkan

Samsung Galaxy S4 dan Galaxy S4 Mini
Samsung Galaxy S4 dan Galaxy S4 Mini

Jakarta – Kemunculan iPhone dengan layar 3,5 inci di tahun 2007 menjadi awal bangkitnya era smartphone dengan ukuran layar mini. Namun kini trend-nya sudah berubah, karena pengguna smartphone lebih menyukai layar yang lebih besar.

Di awal kemunculan smartphone yang dipelopori iPhone, layar berukuran mungil lebih diminati. Hampir semua pabrikan ponsel berlomba mengembangkan smartphone dengan ukuran layar yang kecil.

Namun kini trend itu sepertinya sudah berlalu. Karena para pengguna smartphone sekarang lebih suka memilih smartphone dengan layar lebih luas. Alhasil, beberapa vendor ponsel harus gigit jari karena penjualan smartphone mini mereka sepi peminat.

Samsung dan HTC merupakan dua vendor yang “kecele” dengan perubahan trend tersebut. Kedua vendor ini dilaporkan gagal dalam memasarkan perangkat mini mereka.

Seperti dilansir Softpedia, Jumat (11/10), Samsung Galaxy S4 Mini dan HTC One Mini merupakan dua perangkat smartphone versi mini yang dilaporkan gagal di pasaran. Penjualan keduanya gagal total jika dibandingkan dengan versi standarnya, yaitu Galaxy S4 dan HTC One.

Sejumlah analis menyebutkan, bahwa kurangnya peminat smartphone berukuran mini lebih disebabkan karena spesifikasi yang diusung smartphone mini kalah bagus dibandingkan dengan versi standarnya.

Perbedaan spesifikasi yang kalah bagus inilah yang menjadi penyebab konsumen lebih memilih untuk membeli smartphone dengan layar yang lebih luas dan spesifikasi yang lebih mentereng, meskipun harganya sudah pasti lebih mahal.

Namun trend ini sebenarnya sudah mulai terendus oleh beberap vendor ponsel yang kini mulai merilis smartphone dengan ukuran besar. Samsung dan LG merupakann dua vendor yang cukup aktif mengeluarkan smartphone berukuran besar atau biasa disebut juga phablet (smartphone tablet).

Bahkan kabarnya Apple juga akan menghadirkan layar berukuran 4,8 inch pada iPhone generasi berikutnya, yakni iPhone 6. Padahal sebelumnya Apple pernah menyatakan tidak akan mengeluarkan smartphone berukuran besar.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI