telset
spot_img

Seperti Inikah Tampilan Windows 10 Project Neon?

Telset.id, Jakarta – Di tahun yang baru ini, para perusahaan teknologi berlomba-lomba untuk terus berinovasi demi memuaskan serta memikat hati para konsumennya. Microsoft pun tak ingin ketinggalan untuk terus berinovasi di “Tahun Ayam Api” ini. Perusahaan yang dibangun oleh Bill Gates tersebut juga telah memberikan sentuhan inovasi pada OS terbarunya yakni Windows 10.

Di tahun 2017 ini, kabarnya Microsoft akan merilis pembaruan untuk Windows 10 dalam hal user interface. Pembaruan tersebut diberi nama Windows 10 Project Neon, yang pertama kali terdengar pada November tahun lalu. Pada waktu itu masih belum ada informasi jelas mengenai Windows 10 Project Neon, namun di tahun baru ini muncul sedikit bocoran mengenai seperti apa pembaruan khusus user interface tersebut.

Dilansir Tim Telset.id dari MSPowerUser, Project Neon dibangun berdasarkan “kekurangan” dari user interface Windows 10 sebelumnya. Pada pembaruan tersebut, Project Neon lebih berfokus pada kesederhanaan dengan meningkatkan sisi animasi serta konsistensi yang sebenarnya membawa kembali Windows 10 pada masa Aero Glass khas Windows 7. Namun bedanya, desain tersebut digabung dengan adanya animasi khas pada Windows Phone 8 atau 7.

[Baca juga: Cara Praktis Update Software di PC Windows]

Tak hanya itu, pada pembaruan ini, Microsoft juga memperkenalkan desain bernama Acrylic yang berfungsi membuat backgroundsidebar hingga navigasi dalam aplikasi akan blur ketika menggunakan aplikasi seperti Music Groove, Outlook Mail atau Calendar. Desain tersebut di bagi tiga bagian yakni Side-Nav AcrylicBackground Acrylic, dan In-App Acrylic.

Selain itu juga, pada pembaruan yang bisa dibilang besar ini, Microsoft berfokus juga pada 3D dan HoloLens dengan memperbarui elemen pada user interface yang berinteraksi langsung dengan pointer pada mouse.

Misalnya ketika menggunakan aplikasi Outlook Mail, ketika pengguna menavigasikan pointer menggunakan HoloLens atau mouse pada satu elemen di aplikasi tersebut, otomatis akan terlihat backdrop yang bertujuan untuk membuat pengguna seperti berinteraksi langsung dengan aplikasinya.

[Baca juga: Blue Light Filter akan Jadi Fitur Baru di Windows 10]

Windows 10 Project Neon mungkin saja akan rilis tidak lama lagi, namun perlu diingat, bocoran screenshot ini merupakan konsep awal dari pembaruan tersebut, sehingga ada kemungkinan Microsoft akan mengubahnya jika ada yang dirasa kurang cocok untuk pengguna nantinya.

Diperkirakan pembaruan Windows 10 Project Neon akan segera dirilis di bulan Mei mendatang atau setelah dirilisnya Redstone 2 atau “Creator Update” yang jadwalnya akan segera dirilis pada bulan April mendatang. (FHP/HBS)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0