Seluruh Smartphone Android Rentan Kena Hack?

Telset.id, Jakarta – Perusahaan riset keamanan, Nighwatch Cybersecurity baru saja mengungkapkan kerentanan atau bug terbaru pada sistem operasi Android. Bug tersebut memungkinkan aplikasi untuk mendapatkan akses ke dalam sistem broadcast smartphone Android tanpa izin.

Yang bahaya, Nightwatch Cybersecurity menyatakan bahwa bug ini mempengaruhi sistem operasi Android sebelum versi Android Pie. Sebab, Google telah memperbaiki bug tersebut pada Android Pie saja, dan belum berencana untuk memperbaiki bug itu pada versi Android yang lama.

Baca Juga: Awas “Bug” di WhatsApp, Hacker Bisa Kirim Pesan Palsu

Dilansir dari phoneArena, Senin (03/09/2018), smartphone Android yang terkena dampak dari bug ini membuat aplikasi mampu mengakses nama jaringan Wi-Fi yang digunakan, BSSID, MAC address, informasi server DNS, dan alamat IP lokal.

“Sistem broadcast pada OS Android memaparkan informasi tentang perangkat pengguna ke semua aplikasi yang berjalan di perangkat. Ini termasuk nama jaringan Wi-Fi, BSSID, alamat IP lokasi, informasi server DNS, dan MAC address,” jelas Nightwatch Cybersecurity.

Dengan kata lain, apabila terdapat aplikasi yang berbahaya pada smartphone, maka aplikasi tersebut dapat melacak geolokasi pengguna. Selain itu, hacker juga akan diuntungkan dengan adanya bug ini, karena mereka dapat meretas smartphone dan bisa menyerang jaringan Wi-Fi tanpa adanya hambatan yang berarti.

Baca Juga: Pengguna Android Keluhkan Bug di Bar Progress YouTube 

Selain perangkat dengan sistem Android lama, bug ini juga mempengaruhi perangkat yang didukung oleh Android versi forked seperti Amazon Fire Phone dan Fire Tablet. Sekedar informasi, Android versi forked adalah Android yang telah dimodifikasi untuk menghasilkan segmen produk yang berbeda.

“Beberapa informasi ini tidak lagi tersedia melalui API di Android 6 dan lebih tinggi, dan izin tambahan biasanya diperlukan utnuk mengakses sisa informasi ini,” ujar para peneliti.

Baca Juga: Bug di Firmware, 10 Ponsel Android Ini Rawan Disusupi

“Namun dengan mendapatkan akses ke broadcast, aplikasi apa pun di perangkat dapat menangkan informasi ini dengan melewatkan pemeriksaan izin dan mitigasi yang ada,” lanjut mereka.

Dengan keputusan Google untuk tidak melindungi versi Android yang lebih lama, dan distribusi Android Pie yang masih terbatas, sebaiknya pengguna lebih berhati-hati ketika memasang aplikasi pada smartphone-nya. Selain itu, hapus aplikasi yang dirasa tidak berguna untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. (FHP)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI