Seleksi CEO Baru Microsoft Masuk Tahap Akhir

CEO Microsoft Steve Ballmer saat pidato perpisahan
CEO Microsoft Steve Ballmer saat pidato perpisahan

Jakarta – Sejak Steve Ballmer mengumumkan rencana pengunduran dirinya pada bulan lalu, Microsoft terus mencari calon CEO yang baru untuk memimpin perusahaan raksasa perangkat lunak tersebut.

Menurut sumber di Wall Street Journal, proses pencarian CEO Microsoft saat ini telah memasuki tahap akhir. Seleksi berupa wawancara langsung untuk masing-masing kandidat oleh sebuah komite yang dipimpin Bill Gates.

Pilihan kini hanya menyisakan beberapa kandidat, setelah ada calon yang mundur dari pencalonan. Seperti CEO eBay John Donahoe yang telah menyatakan mundur karena tidak bersedia menempati posisi tersebut.

Sementara kandidat dari luar Microsoft yang masih tersisa antara lain CEO Ford Alan Mulally, mantan CEO Nokia Stephen Elop, dan Presiden Oracle Mark Hurd. Sementara dari internal perusahaan ada dua kandidat, yakni eksekutif senior Microsoft Paul Maritz dan EVP Microsoft saat ini, Tony Bates.

Para kandidat CEO Microsoft itu kabarnya telah wawancara dengan dewan direksi pekan lalu. Dan proses ini kabarnya berjalan cukup alot karena tidak ada kandidat yang memiliki semua keterampilan yang diinginkan Microsoft.

Seperti diwartakan Wall Street Journal, Minggu (13/10), pihak Microsoft menginginkan CEO berbasis teknologi dan berpengalaman atau sudah makan asam garam memimpin perusahaan besar.

Penunjukan CEO juga bergantung pada proses negosiasi mengenai kompensasi. Untuk kandidat dari luar Microsoft, negosiasi juga meliputi logistik sebagai pertimbangan kompensasi karena meninggalkan perusahaan tempat mereka bekerja sekarang.

Jika semua proses pencarian CEO ini berjalan lancar, maka Microsoft sudah akan bisa mengumumkan pengganti Steve Ballmer pada awal tahun 2014 mendatang.[HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI