Selain Tumor, Ultrasound Juga Efektif Hancurkan Sel Kanker

Ultrasound Kanker

Telset.id, Jakarta – Teknologi ultrasound telah digunakan untuk menghancurkan tumor. Namun, saat teknologi ultrasound dipakai untuk hancurkan sel kanker, sel sehat juga terkadang turut hancur.

Namun, berterima kasihlah kepada para peneliti di Institut Teknologi California dan Lembaga Penelitian City of Hope Beckman. Para peneliti ini menemukan cara baru untuk menggunakan teknologi ultrasound agar dapat hancurkan sel kanker.

Seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Jumat (10/01/2020), para peneliti secara selektif mampu menargetkan sel-sel kanker lewat teknologi buatan mereka. Caranya, mereka membalik frekuensi ultrasound.

{Baca juga: Lexilight, Lampu Ajaib untuk Membantu Penderita Disleksia}

Tak cukup, para peneliti juga membuat teknologi ultrasound intensitas rendah yang dapat menemukan dan menghancurkan tumor. Teori itu kali pertama dikembangkan di laboratorium Institut Teknologi California.

Para peneliti menyatakan bahwa mungkin sel-sel tertentu rentan terhadap USG pada frekuensi tertentu. Mereka menyamakannya dengan penyanyi yang dapat memecahkan gelas dengan nada tertentu.

{Baca juga: AI Microsoft Mampu Deteksi Kanker Serviks Lebih Cepat}

Menurut David Mittelstein, penulis utama dalam penelitian, proyek tersebut telah berhasil menunjukkan bahwa ultrasound dapat digunakan untuk menargetkan sel-sel kanker berdasarkan sifat mekanisnya.

Penelitian itu membuktikan konsep menarik untuk jenis baru terapi kanker yang tidak mengharuskan memiliki penanda molekuler yang unik atau ditempatkan secara terpisah dari sel-sel sehat guna menjadi target. (SN/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here