Selain Android, iOS 7 Juga Mirip Windows Phone

Desain UI iOS 7 dan Windows Phone
Desain UI iOS 7 dan Windows Phone

Jakarta – Apple baru saja merilis sistem operasi terbarunya, iOS 7. Tak butuh waktu lama, platform baru besutan Apple itu langsung mendapat respon. iOS 7 dikritik memiliki kemiripan (kalau tidak ingin dibilang menjiplak) sistem operasi lain.

Sebelumnya kami telah memberitakan 7 fitur baru iOS 7 yang menjiplak Android. Namun ternyata tak hanya Android yang menilai bahwa iOS 7 banyak kemiripan dengan fitur-fitur di Android OS, pihak Nokia pun mengatakan iOS 7 memiliki kemiripan dengan Windows Phone, terutama dari sisi desainnya.

Nokia Hongkong menunjukan serangkaian gambar yang membandingkan iOS 7 dengan Windows Phone. Dari gambar tersebut disebutkan bahwa antarmuka iOS 7 dan Windows Phone memiliki beberapa aspek yang sama.

Dikutip telsetNews dari GSMArena, Kamis (13/6), Windows Phone memakai LiveTile, sementara iOS juga memakai desain ‘Tile’. Nah, saat sedang menerima sebuah panggilan, terlihat bahwa desain ‘tile’ iOS 7 sangat mirip dengan desain Windows Phone.

Pada gambar kedua, Nokia Hongkong memperlihatkan aplikasi cuaca di Windows Phone. Aplikasi yang sama di iOS 7 dinilai mirip 90% dengan yang ada di OS buatan Microsoft tersebut. Sementara itu, papan notifikasi pada iOS 7 dinilai merupakan kombinasi dari Windows Phone dan Android.

Beberapa analis berpendapat, fitur desain multitasking seperti yang dipakai Windows Phone maupun iOS saat ini sebenarnya diperkenalkan oleh WebOS. Fitur tersebut kemudian disalin dan diperbaiki oleh berbagai sistem operasi lain.

Pendapat tersebut diamini mantan Vice President Apple Jon Rubinstein, yang mengklaim iOS 7 menjiplak hasil kerjanya. Dia menyebutkan beberapa fitur di iOS 7 adalah idenya yang dahulu tidak disetujui Apple.

Seperti diketahui, Rubinstein adalah teman lama Steve Jobs yang memutuskan hengkang ke Palm dan menggunakan desain hasil karyanya tadi ke WebOS, karena ia gagal meyakinkan tim di Apple.

Dalam wawancara dengan Fierce Wireless mengenai akuisisi Palm oleh Hewlett-Packard (HP), Rubinstein juga ditanya mengenai kemiripan iOS 7 dengan WebOS Palm yang akhirnya ditinggalkan HP.

“Ini bukan sekedar platform mobile. Jika Anda melihat notifikasi pada Mac OS X, sangat mirip dengan webOS. Kami melakukan banyak hal yang sangat inovatif,” ujar Rubinstein dalam sebuah wawancara dengan Fierce Wireless mengenai akuisisi Palm oleh Hewlett-Packard (HP).

“Sangat jelas bahwa multitasking, notification, Synergy, bagaimana kami menangani multiple card. Kami memiliki daftar panjang hal yang kami lakukan dan diadopsi oleh Microsoft, Apple dan Android,” ungkappnya.

Model seperti ini, dikatakan Rubinstein sangat mirip WebOS Palm. OS ini juga memiliki scrolling view horizontal untuk setiap aplikasi yang dibuka. Sementara Synergy adalah cara inovatif Palm dalam menyatukan kontak dari berbagai konteks seperti Facebook, Google, LinkedIn dan lain-lain. Apple, sudah melakukannya dengan kontak Facebook.

Rubinstein menegaskan, Palm yang mempelopori update OS over the air yang kini dipakai sebagian besar platform smartphone. Dan dia menyebutkan, Android dan Windows Phone mendapat keuntungan dari WebOS.[HBS]

Desain iOS 7 mirip Windows Phone

Desain iOS 7 mirip Windows Phone (2)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI