Peneliti AS Temukan Cara Hentikan Penuaan pada Sel Manusia?

Telset.id, Jakarta – Para peneliti dari University of California San Diego telah menemukan dua jalur berbeda yang dapat diambil oleh sel manusia ketika mengalami penuaan. Temuan tersebut membuat peneliti semakin dekat dengan “impian” untuk hentikan penuaan pada sel manusia.

Kehidupan manusia memang terbatas. Wajar jika para ilmuwan berusaha “menyembuhkan” penuaan untuk waktu yang sangat lama. Kadang-kadang, penemuan baru dibuat mengenai proses penuaan.

Terbaru, dikutip Telset.id dari New York Post, Minggu (26/7/2020), pada penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science, para peneliti dari University of California San Diego menemukan dua jalur berbeda yang dapat diambil oleh sel ketika mengalami penuaan.

{Baca juga: Ngeri! Virus Corona ‘Melahap’ Sel Inang Terekam Mikroskop}

Penelitan tersebut membawa kita untuk sedikit lebih dekat dengan kemungkinan membatasi atau bahkan hentikan proses penuaan sel manusia. Sebab, usia tubuh bergantung kepada sel.

Seiring waktu, DNA sel rusak, mengakibatkan berbagai masalah dan akhirnya mengakhiri hidup manusia dengan satu atau lain cara. Penelitian baru menggunakan ragi sebagai analog untuk kulit manusia.

Hasilnya, para peneliti menemukan fakta bahwa sel cenderung mengikuti salah satu dari dua jalur. Mereka tampaknya mengikuti jalur tersebut, terlepas dari rangsangan eksternal atau kondisi lingkungan.

{Baca juga: Wow! Hewan Ini Bisa Hidup Tanpa Oksigen}

Dalam mempelajari sel-sel ragi, menurut laporan Science, tim penelitian menemukan kenyataan bahwa salah satu dari dua daerah sel tertentu adalah yang pertama menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

“Menggunakan mikrofluida, pemodelan komputer, dan teknik lain, mereka menemukan bahwa sekitar setengah dari sel menua melalui penurunan bertahap dalam stabilitas nukleolus,” bunyi publikasi.

Para peneliti berharap, penelitian itu dapat mengarah kepada terapi gen yang dapat memperlambat proses penuaan, yang meningkatkan umur manusia secara dramatis dengan menunda penuaan di tingkat sel.

{Baca juga: Ternyata Begini Cara Virus Corona Infeksi Sel Pernapasan Manusia}

Masih terkait sel manusia, sebelumnya para peneliti berhasil ungkap cara bagaimana virus Corona infeksi sel pernapasan manusia. Penemuan itu dilakukan oleh para peneliti di Westlake University di Hangzhou dan University of Texas di Austin.

Diketahui, virus Corona harus dapat masuk ke sel manusia secara individu. Mereka menggunakan mesin-mesin sel untuk menghasilkan salinan virus. Kemudian, virus tumpah dan menyebar ke sel-sel baru. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0