Tiru NASA, Inggris akan Bangun Pusat Peluncuran Apolo

Telset.id, Jakarta – Inggris dikabarkan akan membangun pusat peluncuran pesawat luar angkasa pertama di Skotlandia bagian utara. Badan Antariksa Inggris menyatakan bahwa wilayah tersebut strategis secara geografis.

Dilansir Bloomberg, Senin (16/7/2018), saat ini sebagian besar peluncuran komersial pesawat luar angkasa oleh NASA maupun European Space Agency dilakukan di stasiun di kawasan Florida, Amerika Serikat; dan Guyana, Prancis.

Pemerintah Inggris telah mengalokasikan dana 50 juta poundsterling atau sekitar USD 66,2 juta untuk merealisasikan rencana itu. Chief Executive Badan Antariksa Inggris, Graham Turnock, juga menyatakan komitmennya.

“Kami siap mendukung pasar komersial untuk akses ke ruang angkasa di Inggris. Kami bakal merealisasikan rencana tersebut. Kami akan terus terlibat dengan perusahaan mana pun yang ingin beroperasi di sini,” ujarnya.

Lain hal dengan Badan Antariksa Inggris yang baru berencana membangun stasiun peluncuran apolo, NASA justru akan merealisasikan misi rover ke Mars. Rover tersebut dikabarkan meluncur bersama dengan helikopter kecil.

Helikopter kecil otonom akan terbang untuk melihat apakah kendaraan bisa melayang atau tidak mengingat Mars memiliki atmosfer 100 kali lebih tipis dari Bumi. Hal itu diungkapkan oleh seorang direktur NASA, Thomas Zurbuchen.

“Setelah Wright Brothers melakukan pembuktian pada 117 tahun lalu, kelompok perintis Amerika Serikat ingin membuktikan hal yang sama bisa dilakukan di dunia lain,” jelas Zurbuchen. [SN/HBS]

Sumber: Bloomberg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here