Teknologi Baru Qualcomm Tingkatkan Game Android Jadi 4K 60fps

Telset.id, JakartaQualcomm akan meluncurkan teknologi upscalling terbaru yang memungkinkan pengguna memainkan game Android berjalan di resolusi 4K dengan 60FPS dalam waktu dekat ini.

Teknologi upscalling yang akan diluncurkan Qualcomm ini akan bernama Snapdragon Game Super Resolution yang dapat mengubah game dengan resolusi 1080p meningkatkan ke resolusi 4K.

Selain itu, teknologi terbaru ini akan memberingkatan peningkatan yang signifikan untuk kecepatan frame per second atau FPS dari 30FPS menjadi 60FPS atau lebih. Berbagai game Android dan produk XR dengan dukungan Snapdragon Game Super Resolution akan diluncurkan akhir tahun ini.

BACA JUGA:

Dilansir Telset dari Gizmochina, dengan adanya peningkatan dari seri chipset terbaru Snapdragon 8 Gen 2 yang paling baru, Qualcomm berupaya memberikan pengalaman gaming yang meningkat untuk para gamers Android.

Di sisi lain, teknologi upscalling terbaru ini tidakh hanya memberikan peningkatan resolusi game yang berjalan, namun membuat kinerja perangkat dengan penggunaan daya yang lebih hemat.

Pada dasarnya Snapdragon Game Super Resolution akan memaksimalkan kinerja game seluler dan masa pakai baterai perangkat. Menariknya, teknologi ini tidak hanya berjalan di chipset kelas atas Snapdragon 8 Gen 2, melainkan untuk chipset Snapdragon lainnya.

Teknologi upscalling bermanfaat untuk memproses game dengan memungkinkan game berjalan pada resolusi yang lebih rendah tanpa mengorbankan kualitas.

Pendekatan di teknologi Qualcomm ini menggunakan teknik baru untuk meningkatkan resolusi, FPS, dan ketahanan baterai. Salah satu teknologi yang digunakan adalah interpolasi bilinear.

BACA JUGA:

Metode baru ini menggunakan teknik peningkatan spasial jalur tunggal yang dioptimalkan untuk GPU Adreno, yang mengurangi penggunaan memori, latensi bandwidth, dan penggunaan baterai.

Qualcomm saat ini sedang bekerja sama dengan beberapa pengembang game untuk mengintegrasikan teknologi upscalling ini ke dalam judul game buatan pengembang. Beberapa game yang sudah memiliki teknologi ini adalah Call of Duty, Farming Simulator 23 Mobile, dan Jade Dynasty: New Fantasy.

Namun, saat ini masih belum diketahui smartphone mana yang akan kompatibel dengan teknologi Qualcomm berdasarkan chipset yang digunakannya. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI