Oppo Umumkan Ray Tracing pada HP dengan Snapdragon 8 Gen 2

Telset.id, Jakarta – Qualcomm baru saja mengumumkan Snapdragon 8 Gen 2 dalam acara Snapdragon Summit 2022. Di acara yang sama, Oppo juga mengumumkan teknologi Ray Tracing terbaru yang akan digunakan HP Oppo dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2

Teknologi Ray Tracing terbaru yang diumumkan Oppo ini akan disematkan pada beberapa HP Oppo terbaru yang ditenagai chipset anyar Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2.

Ray tracing sendiri adalah teknologi visual yang memanfaatkan pencahayaan untuk memberi tampilan yang lebih nyata dalam video game. Ray tracing di Snapdragon 8 Gen 2 diklaim membuat game tampak lebih realistis.

Oppo sebenarnya sudah mengumumkan teknologi Ray Tracing untuk smartphone pada tahun lalu, tetapi teknologi ini hanya terbatas pada perangkat yang didukung MediaTek Dimensity.

BACA JUGA:

Sekarang, perusahaan pembuat smartphone asal China ini meluncurkan Ray Tracing terbarunya perangkat ponselnya yang menggunakan platform chipset Snapdragon 8 Gen 2, yang juga baru saja diluncurkan.

Oppo mengklaim Ray Tracing terbaru ini memungkinkan para pengembang untuk menawarkan pengalaman Ray Tracing yang lebih baik pada smartphone Oppo yang menggunakan chipset Qualcomm terbaru.

Teknologi Ray tracing baru dari Oppo menggunakan versi modifikasi dari PhysRay SDK yang memungkinkan Ray Tracing untuk diterapkan saat bermain game berskala besar yang kompleks di smartphone.

Selain itu, Oppo juga mendemonstrasikan teknologi ini menggunakan game first-person shooter yang disebut Camp Guard, yang memiliki lebih dari 2000 model fisik, 800.000 segitiga, dan hampir 100 tekstur.

Hasilnya, Ray tracing baru ini dapat memberikan peningkatan bayangan, pantulan, dan penerangan pada grafis game yang semakin detail. Oppo mengklaim, game first person bisa berjalan dengan resolusi 720p pada 60fps selama setengah jam di smartphone yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 2.

Teknologi ray tracing baru  ini dikembangkan oleh Oppo dalam kemitraan dengan Qualcomm untuk pengujian driver, pengoptimalan shader, dan pengembangan alat kompiler di dalam dunia game.

BACA JUGA:

Menariknya, pengumuman ini juga tiba beberapa hari setelah Oppo mengumumkan kemitraannya dengan Unity, perusahaan di balik perangkat lunak game Unity yang dikenal dapat meningkatkan kinerja game yang lebih baik.

Tidak cuma Oppo, sebelumnya Samsung juga sudah meluncurkan chip Exynos yang mendapat dukungan teknologi Ray Tracing pada smartphone Galaxy. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0