Mesir Ciptakan Robot Khusus untuk Lakukan Tes Covid-19

Robot Mesir Cira-03 Tes Covid-19

Telset.id, Jakarta – Ketika Mesir menghadapi gelombang virus corona kedua, seorang penemu sedang menguji coba robot kendali jarak jauh yang dapat melakukan tes Covid-19 ke pasien.

Robot tersebut bisa mengukur suhu pasien. Bahkan, menurut laporan New York Post, robot itu bisa memperingatkan apabila orang-orang tidak memakai masker di rumah sakit swasta di utara Kairo.

Mahmoud el-Komy adalah penemu yang merancang robot bernama Cira-03 yang dapat melakukan tes Covid-19 terhadap pasien. Ia mengatakan, robot tersebut dapat membantu membatasi paparan infeksi dan mencegah penularan virus corona.

Cira-03 memiliki wajah dan kepala mirip manusia serta lengan robotik. Robot Cira-03 dapat melakukan tes darah, melakukan ekokardiogram dan sinar-X, serta menampilkan hasil tes Covid-19 kepada pasien di layar.

“Saya mencoba membuat robot itu tampak lebih manusiawi sehingga pasien tidak takut. Jadi, mereka tidak merasa seperti ada kotak yang masuk ke dalamnya,” katanya.

{Baca juga: Elon Musk Ragukan Keakuratan Hasil Tes Covid-19}

Robot Mesir Cira-03 Tes Covid-19

“Ada respon positif dari pasien. Mereka tidak takut melihatnya. Sebaliknya, ,mereka lebih percaya karena robot lebih presisi daripada manusia,” imbuhnya dikutip Telset, Selasa (1/12/2020).

Robot Cira-03 melakukan tes Covid-19 dengan cara menangkupkan dagu pasien. Robot tersebut kemudian mengulurkan tangan yang sudah terdapat kapas ke mulut pasien. Prosesnya tidak bertele-tele.

Abu Bakr El-Mihi, kepala rumah sakit swasta tempat robot itu diuji, mengaku memilih menggunakan robot Cira-03 untuk mengukur suhu siapa pun yang diduga telah terinfeksi atau terpapar Covid-19.

Peneliti Ciptakan Alat Tes Covid-19 di Smartphone

Tes Covid-19

Para peneliti di Inggris sedang mengembangkan alat tes virus corona atau Covid-19 yang terhubung atau terintegrasi langsung ke smartphone. Tujuannya, agar proses tes bisa lebih cepat dari sebelumnya.

Perkumpulan peneliti dari Brunel University London, Lancaster University, dan University of Surrey menciptakan alat tes deteksi virus corona terbaru. Alat tersebut mampu melaporkan hasil tes dalam waktu 30 menit saja.

{Baca juga: Peneliti Inggris Ciptakan Alat Tes Covid-19 yang Terhubung ke Smartphone}

Alat tes Covid-19 itu pun  ditenagai oleh baterai khusus, dan bisa terhubung langsung ke smartphone. Karenanya, setiap orang yang dites menggunakan alat itu, bisa melihat hasilnya melalui ponsel pintar mereka.

Hingga kini, alat itu masih dalam tahap pengujian. Diprediksi, ketika dijual resmi nanti, harganya akan menyentuh angka £ 100 atau setara dengan Rp 1,9 jutaan. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here