Robot Sinar UVC Ini Bisa Mendisinfeksi Gudang dari Corona

Telset.id, Jakarta  – Sebuah robot dilengkapi sinar ultraviolet C atau UVC bisa mendisinfeksi gudang sehingga meminimalisasi penularan virus corona. Robot itu diciptakan oleh para peneliti di CSAIL MIT dan Ava Robotics.

Bakteri dan virus bukanlah hal baru. Namun, kehadiran virus corona benar-benar membuat dunia terguncang. Penularannya sangat mudah. Artinya, penting bagi setiap orang untuk menerapkan kebersihan yang baik.

{Baca juga: RoboPony Laku Keras Selama Wabah Corona di China}

Para peneliti di CSAIL MIT dan Ava Robotics merancang robot yang dapat bergerak secara mandiri. Robot tersebut dilengkapi dengan sinar UVC yang akan menyeterilkan serta menetralkan partikel virus di udara bebas.

Mengingat sifatnya yang otonom, pabrik, gudang, atau ruang bersama dapat didesinfeksi setelah aktivitas benar-benar tuntas. Robot itu dapat menavigasi jalan di sekitar ruangan tanpa perlu campur tangan manusia.

Menurut Ubergizmo, dikutip Telset.id, Selasa (30/6/2020), robot tersebut mampu melakukan berjalan dengan kecepatan 0,22 mil, yang berarti dapat mencakup gudang seluas 4.000 kaki persegi dalam waktu setengah jam.

Ia sanggup mendisinfeksi sekitar 90 persen partikel virus di permukaan. Ia dapat digunakan di semua jenis ruang bersama, termasuk restoran, mungkin lobi hotel, supermarket, sekolah, maupun aula pertemuan nan luas.

Kapan robot itu akan dikomersilkan, sampai sekarang belum jelas. Yang pasti, keberadaannya bakal sangat membantu dalam memberantas virus corona. Bahkan, bukan tidak mungkin, ia bisa dipakai untuk memusnahkan bakteri.

Sebelumnya, sebuah Mall di Singapura juga memanfaatkan robot pintar bersinar ultraviolet (UV) untuk memusnahkan virus corona. Robot sinar UV itu memberangus virus corona di celah-celah sulit terjangkau.

{Baca juga: Robot Sinar UV Musnahkan Virus Corona di Mal Singapura}

Selama ini, orang-orang menerapkan metode penyemprotan disinfektan untuk menekan penyebaran virus corona. Namun, Singapura pilih memakai robot bersinar UV untuk mematikan virus corona di pusat perbelanjaan.

Menurut Derrick Yap dari firma PBA Group, Sunburst UV Bot memusnahkan virus corona di udara, bahkan tempat-tempat tersembunyi.

Kendati begitu, ia menegaskan bahwa pemakaiannya harus ketika tidak ada orang-orang. [SN/HBS]

9 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here