telset

Penerus Chip Apple M1 akan Debut Juli, Namanya M2 atau M1X

Telset.id, Jakarta – Apple diperkirakan paling cepat akan merilis penerus chip M1 pada Juli mendatang. Chip baru yang disebut-sebut akan menggunakan nama chip Apple M2 atau M1X itu dilaporkan telah memasuki tahap produksi massal.

Dengan sudah mulai masuk ke tahap produksi massal, mengindikasikan chip Apple M2 atau M1X itu akan dihadirkan pada model MacBook terbaru pada akhir tahun ini.

{Baca juga: Laptop MacBook Pro Meluncur dengan Prosesor Apple M1}

Perusahaan dari Cupertino itu pertama kali memperkenalkan chip M1 sebagai CPU komputer Mac pada November tahun lalu. Chip M1 menggantikan CPU Intel yang digunakan pada seri Mac sebelumnya.

Chip M1 memulai debutnya di MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac mini. Namun, Apple minggu lalu memperluas cakupan penggunaan chip M1 untuk model terbaru iPad Pro dan New iMac 2021 pada 21 April lalu.

Mengutip Nikkei Asia yang mendapatkan informasi dari orang dalam perusahaan, melaporkan bahwa rencana pengiriman tentatif penerus M1. Apple diharapkan meluncurkan chip baru pertama untuk model MacBook generasi berikutnya pada paruh kedua tahun ini.

Namun, masih menurut sumber yang sama menyebutkan bahwa chip M2 atau M1X ini kemungkinan bisa juga digunakan pada perangkat Mac dan Apple lainnya, selain dari jajaran MacBook.

{Baca juga: New iMac 2021 Dirilis, Ditenagai Chip Apple M1 dan 7 Varian Warna}

Chip M series terbaru ini diproduksi oleh pemasok Apple Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) menggunakan teknologi produksi baru yang disebut 5-nanometer plus atau N5P.

Teknologi ini adalah peningkatan dari teknologi proses 5-nanometer yang digunakan untuk membangun chip M1 tahun lalu.

Pada bulan Februari, beberapa spesifikasi dan metrik kinerja yang konon terkait dengan penerus M1 bocor melalui situs benchmarking CPU Money.

Situs itu memperkirakan bahwa chip penerus M1 tersebut dapat mencakup 12 CPU dan 16 inti GPU, naik dari 8 inti CPU dan GPU yang tersedia pada chip M1. Core tambahan diharapkan memberikan pemrosesan dan kinerja grafis yang lebih cepat.

Apple belum secara terbuka mengkonfirmasi perkembangan tersebut. Namun, rumor yang beredar sejauh ini menyebutkan bahwa Apple Silicon terbaru ini bisa menggunakan nama M1X atau M2.

Saat mengumumkan chip M1 tahun lalu, Apple mengungkapkan strategi transisi dua tahun untuk sepenuhnya beralih ke silikon aslinya.

{Baca juga: Resmi! iPad Pro 2021 Ditenagai Apple M1 SoC dan Layar Mini-LED}

Apple minggu lalu memberikan gambaran sekilas tentang rencananya memperluas penggunaan chip M1 dari MacBook Air, MacBook Pro, dan Mac mini ke iPad Pro dan iMac terbaru.

Pergeseran bertahap Apple ke chip M-series-nya akan memengaruhi bisnis chip Intel, yang telah mendominasi industri PC secara global. Raksasa pembuat chip asal AS itu terakhir memperkenalkan prosesor Core generasi ke-11 untuk laptop dan desktop. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0