Microsoft Kolaborasi Bareng AMD Garap Prosesor Bertenaga AI

Telset.id, Jakarta – Saat ini, Microsoft sedang berkolaborasi bersama dengan AMD untuk bersama-sama mengembangkan prosesor baru yang memiliki teknologi AI.

Kerja sama antara Microsoft bersama dengan AMD ini merupakan salah satu upaya dari strategi Microsoft untuk mengamankan pasokan prosesor dengan tenaga kecerdasan buatan di pasaran.

Selain itu, perusahaan juga berencana untuk menghadirkan pilihan alternatif dari chip GPU Nvidia yang saat ini mendominasi pasar chip GPU.

BACA JUGA:

Menurut informasi Gizmochina, Microsoft dan AMD berkolaborasi dalam mengembangkan prosesor berteknologi AI dengan kode nama Athena, yang dikembangkan sendiri oleh Microsoft dan AMD memberi dukungan secara finansial

Di sisi lain, Microsoft merupakan salah satu penyedia layanan komputasi awan utama, dan perusahaan juga telah menginvestasikan dana sebanyak $10 miliar di OpenAI, perusahaan pengembang ChatGPT.

Investasi tersebut telah meningkatkan permintaan akan prosesor AI dan membuat partisipasi perusahaan di industri ini semakin dalam. Bahkan, perusahaan sedang membangun divisi chip dengan hampir 1.000 karyawan untuk mengerjakan proyek Athena, dengan investasi sekitar $2 miliar.

Selain itu, teknologi AI juga menjadi prioritas AMD. Lisa Su CEO AMD mengungkapkan bahwa perusahaan sangat gembira dengan adanya peluang dalam kecerdasan buatan, yang menjadi prioritas perusahaanya.

Lebih lanjut dia mengatakan ada peluang bagi AMD untuk memproduksi chip khusus untuk pelanggan terbesak untuk digunakan di pusat data.

BACA JUGA:

Walaupun, mengembangkan chip alternatif dari pesaingnya, Nvidia menjadi salah satu hal yang menantang, tetapi Microsoft memprioritaskan prosesor dengan nama kode Athena.

Prosesor ini melibatkan pengembangan chip GPU untuk pelatihan dan inferensi model AI. Saat ini, chip tersebut sudah diuji secara internal dan kemungkinan akan tersedia di pasaran paling cepat di tahun depan. [FY/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI