Komet NEOWISE Selamat dari Terjangan Matahari

Telset.id, Jakarta  – Gambar terbaru memperlihatkan bahwa komet NEOWISE berhasil selamat dari terjangan matahari. Gambar tersebut diambil oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble pada 8 Agustus 2020 lalu.

Gambar menunjukkan debu dan gas yang keluar dari komet saat muncul dari balik matahari. Cahaya itu berukuran sekitar 11.000 mil dalam gambar dan menunjukkan detail di mana Hubble bisa mengabadikannya.

{Baca juga: Penampakan Bumi saat Tak Dapat Pertahankan Data Digital}

“Hubble memiliki resolusi yang jauh lebih baik daripada yang bisa kita dapatkan dengan teleskop lain,” kata mahasiswa pascasarjana Caltech Qicheng Zhang dalam sebuah pernyataan, dilansir New York Post.

“Resolusi tersebut sangat penting untuk melihat detail yang sangat dekat dengan nukleus. Kita memungkinkan untuk melihat perubahan dalam debu, tepat setelah dilepaskan dari inti,” demikian tambahnya.

“Karena terbuat dari es, komet menjadi rapuh. Dan kami tidak sepenuhnya yakin apakah Komet NEOWISE akan selamat dari perjalanan mengelilingi matahari,” terang Zhang dalam pernyataan berbeda.

Komet ISON, yang melewati matahari pada 2013, tidak selamat dari perjumpaan dengan matahari. Kebanyakan komet memiliki dua ekor. Satu ekor debu, satu ekor lagi terbuat dari molekul bermuatan listrik.

Namun, gambar yang dirilis dari NASA pada Juli 2020 menunjukkan bahwa Komet NEOWISE sebenarnya memiliki dua ekor ion. “Jet itu mengandung material dari dalam komet,” Zhang menjelaskan.

{Baca juga: Astronot Rekam Video Komet Neowise Melayang di Atas Bumi}

Komet Ditemukan Oleh Teleskop Nasa

Komet NEOWISE

Seperti dikutip Telset.id, Rabu (26/8/2020), komet yang juga dikenal sebagai C/2020 F3 tersebut ditemukan pada 27 Maret 2020. Penemuan dilakukan menggunakan teleskop luar angkasa NEOWISE milik NASA.

Sebelumnya, astronot Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) berhasil merekam video komet Neowise sedang melayang-layang di atas Bumi. Rekaman itu diunggah di media sosial pada Selasa (7/7/2020) lalu.

Menurut laporan New York Post, seperti dikutip Telset.id, Jumat (10/7/2020), video timelapse mengenai peristiwa tersebut menunjukkan benda dingin yang dibuntuti Neowise oleh ekor putih mempesona.

Sekadar informasi, komet Neowise saat ini melonjak melewati Bumi dengan cara terbang yang diperkirakan akan berlangsung sepanjang minggu. Neowise bakal mengarah ke penampakan terang dari Bumi dan ISS.

Video tersebut diambil pada 5 Juli 2020 dari salah satu dari banyak kamera eksternal ISS dan diunggah oleh ilmuwan warga negara, Seán Doran. Rekaman dan foto-foto dari ISS tersedia secara online dan gratis.

“Siapapun memungkinkan untuk mengunduh dan mengeditnya. Kami memampatkan video real-time dengan durasi tujuh menit menjadi video klip selama 20 detik,” demikian penjelasan Seán dalam situs resmi.

Ia melanjutkan, hasil editan video menunjukkan Bumi berputar di bawah ISS sebelum Neowise naik dari luar cakrawala. Rekaman juga menangkap awan noctilucent biru cerah atau dikenal sebagai “awan luar angkasa”. [SN/HBS]