telset

Ilmuwan Berhasil Membuat Tikus Lumpuh Bisa Berjalan Lagi

Telset.id, Jakarta  – Menurut peneliti dari Ruhr University Bochum, telah ditemukan cara mujarab untuk membantu tikus yang lumpuh bisa berjalan kembali. Caranya dengan menstimulasi sel saraf tikus.

Cedera tulang belakang sering kali membuat seseorang menjadi lumpuh dan tidak akan pernah bisa berjalan lagi. Cedera tersebut biasanya bersifat permanen dan menyasar organ-organ tubuh bagian bawah.

{Baca juga: Miniatur Hati Manusia Buatan Ditransplantasi Jadi Tikus}

Namun, berkat para peneliti Jerman, tampaknya ada harapan bahwa suatu hari nanti orang-orang yang mengalami cedera tulang belakang dan lumpuh dapat berjalan kembali. Mereka mengujinya di tikus.

Dikutip Telset dari Ubergizmo, Minggu (24/1/2021), peneliti dari Ruhr University Bochum menemukan cara untuk membantu tikus yang lumpuh bisa berjalan kembali dengan menstimulasi sel saraf.

Para peneliti memaksanya beregenerasi melalui penggunaan protein perancang. Hasilnya, tikus yang telah menerima perlakuan bakal mulai bisa berjalan kembali setelah dua minggu sampai tiga minggu.

“Hal khusus tentang penelitian kami adalah protein tidak hanya untuk merangsang sel-sel saraf yang memproduksinya sendiri, tetapi juga dibawa lebih jauh lewat otak,” kata ketua peneliti, Dietmar Fischer.

Dengan cara seperti itu, melalui intervensi yang relatif kecil, para peneliti melakukan rangsangan terhadap sejumlah besar saraf untuk beregenerasi. Dan, pada akhirnya, tikus pun dapat berjalan kembali.

{Baca juga: Demi Jelajahi Lautan Dunia, Ilmuwan Ciptakan Ubur-ubur Bionik}

Namun, para peneliti memperingatkan bahwa keberhasilan di tikus belum tentu berhasil di mamalia lebih besar, apalagi manusia. Apapun itu, setidaknya temuan mereka membuka harapan bagi dunia medis. [SN/HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0