Hotel Futuristik Alibaba Gunakan Robot Layani Tamu

Telset.id, Jakarta – Hotel futuristik milik Alibaba Group bernama FlyZoo resmi dibuka pada bulan lalu untuk umum. Yang unik dari hotel yang memiliki 290 kamar itu adalah menggunakan jasa robot setinggi satu meter untuk melayani tamu, seperti mengantar makanan dan memberikan handuk baru.

Robot kini mulai banyak digunakan sebagai pengganti manusia, karena secara signifikan memotong biaya tenaga kerja. Kehadiran robot di FlyZoo sekaligus untuk mengurangi aktivitas para tamu untuk berinteraksi dengan orang.

Menurut laporan Reuters, FlyZoo disebut-sebut sebagai inkubator teknologi yang ingin dijual Alibaba ke industri perhotelan pada masa depan. Alibaba sekaligus ingin menunjukkan kehebatan di bidang kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

{Baca juga: Alibaba akan Bikin Robot AI Pelayan Hotel}

“Semua tentang efisiensi dan konsistensi layanan karena robot tak terganggu oleh suasana hati. Kadang-kadang, kami tidak sedang dalam suasana hati yang baik,” kata CEO Alibaba Future Hotel Management, Andy Wang, dikuti pTelset.id, Jumat (25/1/2019).

Di dalam FlyZoo, dinding berpanel putih menyala mengingatkan tamu kepada interior pesawat ruang angkasa Hollywood. Para tamu check-in di podium yang dapat memindai wajah dan paspor. Tamu China bahkan bisa memindai wajah lewat ponsel.

Elevator di FlyZoo juga bisa memindai wajah tamu untuk memverifikasi lantai mana yang dapat diakses. Pintu kamar hotel akan membuka maupun menutup melalui pula alat pemindai wajah. “Prosesnya sangat cepat dan aman,” kata tamu Tracy Li.

Baca juga: Alibaba Buka Jasa Antar Makanan Pakai Drone

Di kamar, teknologi perintah suara Alibaba digunakan untuk mengubah suhu, menutup tirai, menyesuaikan pencahayaan, dan memesan layanan kamar. Sementara di restoran hotel, robot berbentuk kapsul mengantarkan menu pesanan tamu. [SN/HBS]

Sumber: Reuters

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here