Google Garap Teknologi Pendeteksi Detak Jantung di Earbuds

Telset.id, Jakarta – Saat ini Google telah mengembangkan sebuah teknologi baru untuk mendeteksi detak jantung seseorang melalui perangkat eardbuds yang mendukung ANC (Active Noise Cancellation).

Seperti yang sudah diketahui, sekarang sudah banyak earbuds yang memiliki fitur ANC (Active Noise Cancellation), untuk meredam kebisingan saat perangkat dipakai di berbagai tempat dengan tingkat kebisingan yang tinggi.

Namun, earbuds nirkabel yang beredar di pasaran saat ini dengan fitur ANC masih belum memiliki teknologi pendeteksi detak jantung bagi setiap penggunanya.

BACA JUGA:

Dilansir Telset dari Gizmochina pada Kamis (02/10/2023) Google mengatakan bahwa earbuds ANC mungkin dapat memantau detak jantung pengguna saat bepergian tanpa perlu menggunakan sensor tambahan.

Teknologi Audioplethysmography mampu mengirimkan sinyal ultrasound intensitas rendah dari speaker earbuds. Setelah itu mikrofon di earbuds menerima respons, dan kemudian memungkinkan earbuds menganalisis detak jantung. Ada serangkaian prinsip matematika yang mendasari teknologi tersebut dan ini disorot dalam artikel penelitian.

Kemungkinan memiliki earbuds nirkabel yang memiliki fitur pemantauan detak jantung adalah hal yang cukup menarik. Karena, ini menawarkan kesempatan bagi orang-orang yang tidak suka memakai jam tangan pintar dan memudahkan untuk mengukur detak jantung mereka saat bepergian melalui earbuds.

Bukan sebuah rahasia lagi bahwa banyak pengguna jam tangan klasik yang tidak mau menukar jam tangan tradisional mereka dengan jam tangan pintar yang memiliki berbagai fitur.

Teknologi pendeteksi detak jantung yang dikembangkan Google ini akan memanfaatkan perangkat keras yang sudah ada pada earbuds nirkabel saat ini, sehingga perusahaan tidak perlu melakukan perubahan signifikan. Ini mungkin hanya memerlukan pembaruan perangkat lunak untuk mengaktifkan fungsi pemantauan detak jantung.

BACA JUGA:

Sayangnya, belum ada detail kapan fitur pemantauan detak jantung buatan Google akan tersedia di earbuds ANC. Namun teknologi tersebut harus memiliki semua sertifikasi persetujuan peraturan sebelum diizinkan untuk penggunaan komersial dan dijual secara bebas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI