6 Hal Menarik di CES 2021 yang Serba Virtual

Telset.id, Jakarta  – Consumer Electronics Show (CES 2021) tahun ini benar-benar hadir dalam konsep berbeda dibanding sebelumnya. Ya, masih di tengah pandemi Covid-19, CES 2021 berlangsung serba virtual

Kendati demikian, CES 2021 yang digelar mulai 11-14 Januari 2021 ini masih menyuguhkan yang terbaik, memamerkan inovasi dan ide terbaru di bidang teknologi.

CES 2021 yang Serba Virtual

CES 2021 virtual
Ilustrasi CES 2021 serba virtual

Setidaknya ada enam hal menarik pada perhelatan CES 2021. Apa saja? Silakan simak saja ulasannya.

{Baca juga: CES 2021 Bakal Serba Digital Gara-gara Corona}

1. Tidak bising, lebih banyak sinyal

CES tahun ini menampilkan sekitar 2.000 vendor. Tahun lalu, CES di Las Vegas menghadirkan 4.500 vendor. Biasanya, satu tantangan terbesar CES adalah banyak kekacauan informasi yang harus dipilah untuk menemukan hal-hal yang baik.

Tahun ini sedikit berbeda dengan kurang dari setengah perusahaan yang terlibat. Vendor yang muncul di CES 2021 cenderung memiliki sesuatu yang baru dan menarik untuk dibicarakan.

2. Marak produk anti-Covid-19

Perusahaan-perusahaan akan meluncurkan banyak teknologi untuk membantu orang mengatasi ketakutan terhadap Covid-19. Di ruang kesehatan dan rumah pintar, ada masker berteknologi tinggi, pembersih udara pintar, aneka perangkat hands-free, lampu UV-C untuk membunuh kuman, dan banyak lagi.

Thermal Scanner(Foto: NY Times)

Vendor hiburan rumah akan meluncurkan TV, soundbar, dan perangkat serta layanan streaming kepada publik yang masih kesulitan mendapatkan hampir semua hiburan di ruang tamu.

3. Ajang pamer layar OLED transparan

CES 2021 virtual
TV OLED Transparan buatan LG di pamerkan di CES 2021 (Istimewa)

CES tahun ini menjadi ajang pamer layar OLED transparan. Produsen mengubah produk dari 10 persen transparan menjadi 40 persen transparan. LG, misalnya, pada CES 2021 memamerkan tempat tidur pintar dengan layar OLED keluar dari footboard.

Kemudian ada jendela kereta bawah tanah pintar, dan partisi restoran di antara bilik tempat Anda dapat melihat gambar besar item menu, bahkan melihat koki menyiapkan makanan.

{Baca juga: 7 Teknologi Unik di CES 2020, Nomor 4 Mirip Iron Man}

4. Terobosan mobil listrik

CES 2021 menjadi sarana terobosan untuk baterai EV atau baterai kendaraan listrik. Produsen mobil rela mengubah beberapa merek ikonik menjadi kendaraan listrik, termasuk Mustang, Ford F-150, dan Hummer.

Ilustrasi mobil listrik

Tesla telah berhasil mencapai penjualan setengah juta kendaraan yang telah lama diprediksi terjual pada 2020. Padahal, sebelumnya, Tesla diprediksi tak akan meraih kesuksesan di ranah mobil listrik.

5. Samsung Unpacked paling ditunggu

Samsung Galaxy S21
Undangan acara bertajuk “Samsung Galaxy Unpacked 2021

Samsung berencana mengadakan acara Samsung Unpacked di CES 2021. Dengan penundaan Mobile World Congress 2021 hingga pertengahan tahun ini, Samsung menggeser acara Samsung Unpacked ke CES 2021.

Acara tersebut bakal menjadi momentum peluncuran perangkat andalan Galaxy S21. Samsung kemungkinan akan menggelar Samsung Unpacked pada 14 Januari 2021.

6. Menuju Era 5G

Verizon memaparkan teknologi 5G di CES 2021 (Foto: Cnet)

Di luar pengumuman Galaxy S21, tidak akan banyak perangkat 5G di CES 2021. Namun, isu soal 5G akan menjadi bahan diskusi untuk program jangka panjang.

Diskusi akan melibatkan penggunaan 5G untuk menutup kesenjangan digital serta meningkatkan pengalaman seputar telemedicine, pembelajaran jarak jauh, dan kerja dari rumah di tengah pandemi Covid-19.

Nah itu tadi hal-hal menarik yang bisa Anda lihat di ajang CES 2021, yang digelar serba virtual di tengah pandemi Covid-19. Banyak teknologi canggih yang keren-keren ya. [SN/HBS]

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -