Bisa Jadi Jet Tempur, Ini Kemampuan Pesawat Otonom Boeing

Telset.id, JakartaBoeing memperkenalkan pesawat tanpa awak keluaran terbaru yang akan secara resmi hadir pada 2020. Pesawat otonom bernama Loyal Wingman itu dirancang untuk terbang bersebelahan dengan pesawat tempur berpilot.

Pesawat nirawak tersebut bisa melakukan pengintaian, pengawasan, menjalankan misi, maupun perang secara elektronik yang sulit dilakukan oleh manusia. Ia pun bisa digunakan untuk mengurangi sejumlah risiko ketika dalam pertempuran.

Menurut The Guardian, seperti dikutip Telset.id, Jumat (1/3/2019), Loyal Wingman mampu terbang lebih lama dan lebih tahan gaya gravitasi saat melakukan akselerasi. Ia juga sanggup memproses lebih banyak informasi secara bersamaan.

Nantinya, Loyal Wingman bisa dipakai untuk membawa senjata, semisali misil dan bom. Senjata-senjata itu disimpan di bagian perut pesawat. Selasa (26/2/2019) lalu, prototype pesawat tersebut diumumkan di Australia International Airshow.

Loyal Wingman memiliki panjang 11 meter dan mampu terbang 3.700 kilometer. Loyal Wingman akan menjadi bagian dari platform pesawat tanpa awak bernama Boeing Airpower Teaming System yang bisa mengurangi risiko saat bertempur.

Baca juga: Jet Tempur Otonom Boeing Siap Terbang Tahun Depan

Wakil Presiden sekaligus Manajer General dari Sistem Swatantra Boeing, Kristin Robenson, mengatakan bahwa pesawat Loyal Wingman bisa menjadi alat untuk menambah kekuatan di unit militer negara-negara di seluruh dunia.

“Harga pesawat tersebut akan jauh lebih murah ketimbang pesawat tempur berawak. Loyal Wingman akan dijual ke seluruh dunia. Seluruh negara pembeli dapat menggunakan platform Boeing Airpower Teaming System,” pungkasnya. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI