Home NEWS SCIENCE-TECH Ilmuwan Kembangkan Alat untuk Atasi Mabuk Berat

Ilmuwan Kembangkan Alat untuk Atasi Mabuk Berat

Telset.id, Jakarta – Para ilmuwan di Kanada mengembangkan sebuah alat yang dapat digunakan untuk atasi mabuk berat. Alat berbentuk cukup sederhana ini diklaim dapat membantu seseorang sadar dengan cepat dari mabuk berat.

Banyak dari kita mungkin tahu bahwa terlalu banyak minum akan membuat mabuk berat, bahkan sampai pingsan. Dokter pun sering mengatakan, minum terlalu banyak akan membuat kita keracunan alkohol.

Namun, berkat tangan dingin para ilmuwan di Kanada, keadaan itu bisa cepat teratasi. Ya, para ilmuwan mengembangkan perangkat yang akan membantu seseorang sadar dengan  cepat dari teler.

Caranya cukup sederhana, karena alat akan bekerja dengan cara mengembuskan kandungan alkohol dalam tubuh orang yang sedang mabuk karena pengaruh alkohol.

{Baca juga: Alat Ini Bisa Deteksi Penyakit Hanya dari Nafas Pasien}

Racun, seperti alkohol, biasanya diuraikan oleh hati. Akan tetapi, dikutip Telset dari Ubergizmo, paru-paru seseorang juga berperan dalam membantu memecah alkohol dengan mengembuskannya.

Alkohol (Forbes)

Biasanya, hal tersebut tidak disadari. Nah, disinilah alat ini bekerja dan memaksa tubuh untuk hiperventilasi, yang mempercepat berapa banyak alkohol diembuskan dan memberikan seseorang cukup karbon dioksida.

ClearMate Atasi Mabuk

ClearMate (thornhillmedical)

Alat yang disebut ClearMate ini awalnya dirancang untuk digunakan di ruang gawat darurat. Fungsinya untuk mengobati keracunan karbon monoksida. Seiring waktu, para peneliti pun mengembangkannya untuk membantu orang mengatasi mabuk berat.

Seperti telah disebutkan di atas, ClearMate disini bekerja dengan menghilangkan karbon monoksida (CO) melalui paru-paru dengan meningkatkan ventilasi pasien (baik secara spontan atau melalui resusitasi manual).

{Baca juga: Awas Kalau Ngeyel, Nanti ‘Ditembak’ Pelontar Masker}

Aliran darah otak dan pengiriman oksigen dipertahankan dengan memasukkan CO2 secara otomatis untuk mengkompensasi yang hilang melalui peningkatan ventilasi. Teknik ini disebut sebagai Isocapnic Hyperpnea.

Meski begitu, masih harus ditunggu apakah ClearMate akan disetujui atau tidak sebagai cara tepat untuk mengobati keracunan alkohol. Jika disetujui, berarti ada cara cepat untuk atasi orang teler atau mabuk berat agar cepat sadar. [SN/IF]

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version