Sarung Tangan Khusus Ini Bisa Menerjemahkan Bahasa Isyarat

Menerjemahkan bahasa isyarat
Foto: Quora

Telset.id, Jakarta – Para peneliti dari Sekolah Teknik Samueli UCLA telah mengembangkan sarung tangan canggih yang bisa menerjemahkan gerakan dari bahasa isyarat ke dalam bahasa Inggris.

Bahasa isyarat, seperti semua bahasa, perlu dipelajari agar bisa dipahami dengan baik dan bagaimana menggunakannya. Kenyataannya, hampir setiap orang merasa tidak mudah untuk mengerti apalagi menerjemahkan bahasa isyarat.

Beruntung, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Minggu (05/07/2020), para peneliti telah membuat bahasa isyarat dapat “berbicara” kepada orang-orang yang kesulitan atau bahkan tidak memahaminya.

{Baca juga: AI Bikinan Google Mampu Terjemahkan Bahasa Isyarat}

Menurut Jun Chen, asisten profesor bioteknologi, inovasi tersebut digadang benar-benar menjadi cara mudah bagi orang-orang yang menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi langsung dengan mereka yang tidak mengerti.

“Kami juga berharap, temuan itu dapat membantu lebih banyak orang untuk belajar bahasa isyarat sendiri. Dengan demikian, tidak akan ada lagi sekat antara satu orang dengan lainnya,” tambahnya lewat pernyataan resmi.

Sarung tangan tersebut akan menampilkan sensor yang membentang sepanjang masing-masing jari. Setiap kali jari-jari bergerak, sensor akan berusaha mendeteksi gerakan apa yang dibuat, kemudian menerjemahkannya ke bahasa Inggris.

{Baca juga: Tesla Bikin Alat Pernapasan Pasien Corona dari Komponen Mobil}

Sebenarnya, teknologi itu bukanlah hal baru. Namun, UCLA mengklaim desain buatannya lebih simpel dibanding dengan desain lain. Ketika digunakan, sarung tangan temuan mereka pun diklaim terasa lebih nyaman.

Untuk membuatnya, biaya yang dibutuhkan hanya USD 50. Biaya tersebut akan jauh berkurang jika produksi dilakukan secara massal. Menariknya, sarung tangan ciptaan mereka mampu menerjemahkan 60 tanda bahasa isyarat dengan akurasi 99 persen. (SN/MF)

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here