Samsung Siapkan Chip Exynos Untuk Mobil

Telset.id, Jakarta – Persaingan teknologi prosesor tahun ini semakin panas dengan adanya rencana Samsung merilis chipset khusus untuk mobil, termasuk mobil otonom. Prosesor yang akan diberi nama Exynos Auto itu sudah dilansir Samsung dalam situs web resminya, seperti dilaporkan engadget, Rabu (17/10/2018).

Samsung menggunakan nama Exynos pada prosesor untuk perangkat seluler dan jam tangan pintar buatannya. Selain Exynos Auto, Samsung juga berencana mambuat Isocell Auto, yakni sensor kamera kendaraan. Kedua chip ini bersama-sama bekerja pada sistem mutakhir yang terhubung dengan fungsi kendaraan.

Baca Juga : Samsung Galaxy A8 jadi “Korban” Galaxy A7 dan A9 (2018)

Chip Exynos Auto akan dirancang untuk aspek spesifik pada teknologi on the road atau jalanan. Chip Auto ini mencakup beberapa seri, yakni untuk asisten pengemudi (driver assistance) ada Exynos Auto A, infotainment mobil menggunakan Exynos Auto V dan untuk telematika menggunakan Exynos Auto T.

Sementara sensor Isocell dirancang mencakup tiga model yang terbagi atas ketajaman gambar yang dihasilkan, mulai dari 960 piksel hingga 4K piksel.

Seri prosesor Exynos Auto akan menjadi senjata baru Samsung untuk meraih tambahan pendapatan dari bisnis semikonduktor. Bisnis ini diharapkan bisa turut menyokong pendapatan raksasa teknologi Korsel ini, sehingga tidak akan terlalu bergantung pada penjualan ponsel android dan tablet.

Selain itu, chip ini diharapkan bisa ikut menyokong teknologi kendaraan otonom seiring bertambahnya investasi Samsung dalam pengembangan mobil pintar tersebut.

Sebelumnya, Samsung Exynos 9820 dilaporkan sudah mulai diproduksi. Chipset ini akan menjadi chipset 7nm pertama dari Samsung dan besar kemungkinan akan digunakan di Galaxy S10 dan Galaxy Note 10 tahun depan.

Menurut IceUniverse, Exynos 9820 akan hadir dengan GPU Mali-G76 MP18. Ini adalah GPU terbaru ARM yang diumumkan pada bulan Mei lalu.

Baca Juga : Ini Fungsi 4 Kamera Samsung Galaxy A9 (2018)

Keunggulannya, Mali-G76 akan menjadi GPU 7nm pertama ARM dan membawa 30% peningkatan kinerja, efisiensi energi 30% lebih baik, dan peningkatan pembelajaran mesin 2,7x.

GPU dapat memiliki antara 4 hingga 20 core tetapi Samsung akan menggunakan 18 core seperti yang dilakukan dengan GPU Mali-G72 Exynos 9810. [WS/IF]

Sumber: Engadget

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here