Samsung Lesu, Pasar Android Melorot

Samsung siluetJAKARTA – Dengan mengandalkan iPhone baru berlayar besar, Apple berhasil menggoyang pasar Android. Penurunan pangsa pasar Android juga dipengaruhi oleh turunnya dominasi Samsung.

Berdasarkan data penjualan smartphone terbaru yang dirilis Kantar World Panel, Apple berhasil menutup tahun 2014 dengan kenaikan pangsa pasar yang cukup signifikan di beberapa negara. Kehadiran iPhone 6 dan 6 Plus sebagai momentum kenaikan pangsa pasar Apple.

Kantar mencatat, pangsa pasar Apple di Amerika Serikat naik 4,3% menjadi 47,4%. Begitupun di Eropa, Apple iOS mencatat kenaikan pangsa pasar sebesar 6,3% menjadi 23,8%.

Sementara pangsa pasar Android di Amerika Serikat turun untuk pertama kalinya sejak bulan September 2013, yakni turun menjadi 48,4%. Begitupun di Eropa Android secara bervariasi turun rata-rata 3,2% di antara 5 negara besar Eropa yaitu Inggris, Jerman, Perancis, Italia, dan Spanyol menjadi 66,8%.

Menurut Kantar, seperti dilansir Techcrunch, Jumat (9/1/2014), penurunan pangsa Android ini sepertinya dipengaruhi oleh turunnya dominasi Samsung di pasar smartphone global.

Berdasarkan laporan sebelumnya, penjualan smartphone Samsung dilaporkan mengalami penurunan yang cukup signifikan pada kuartal 3 tahun 2014, yakni sekitar 7% dari kuartal yang sama tahun lalu.

Raksasa elektronik asal Korea Selatan itu hanya mampu menjual sekitar 73 juta unit smartphone, atau 7 juta unit lebih rendah dibandingkan tahun 2013 dengan 80 juta unit smartphone.

Hasil berbeda ditunjukan pesaing beratnya, Apple. Raksasa Cupertino ini justru mengalami peningkatan dengan mampu menaikkan angka penjualan sekitar 8 juta unit smartphone dibandingkan tahun 2013.

Meski Samsung saat ini sedang lesu, namun Kantar melihat Android masih memiliki senjata rahasia untuk mempertahankan dominasinya lewat beberapa vendor Android lain yang mampu mengambil alih peran Samsung.

Kantar mencatat bahwa Motorola mampu menaikkan pangsa pasarnya berkat Moto G dan Moto X. Begitupun Xiaomi juga mampu menjadi pemain utama di tahun 2014 berkat strategi peningkatan efisiensi dan penurunan margin profit yang diterapkannya. Meski belum masuk ke negara-negara utama selain Tiongkok.

Xiaomi berhasil menjadi rising star di tahun 2014 lalu dengan mampu menyodok dominasi Apple dan Samsung di Tiongkok. Hingga kuartal ketiga 2014 lalu, Xiaomi berhasil menjual sekitar 15 juta unit smartphone, dari yang hanya 3,5 juta unit pada Q3 2013.

Pengguna Android Masih Loyal

Kantar juga melihat bahwa tren kenaikan iOS ini terjadi karena periode produk Apple yang berlangsung tahunan, sehingga konsumen Apple akan mengalami lonjakan pada saat momentum Apple merilis produk baru.

Hal ini dapat tergambar dari data Kantar yang mencatat bahwa tingkat peralihan pengguna Android ke iOS tidak berubah, masih pada tingkat 18%. Hal itu menunjukkan bahwa pengguna Android lama masih tetap loyal. Artinya, iPhone baru lebih diburu oleh para pengguna iOS lama dan pengguna baru smartphone.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0