Samsung Klaim Masih Nomor Satu di Pasar Smartphone Indonesia

Pasar smartphone Samsung Indonesia

Telset.id, Jakarta – Lembaga riset International Data Corporation (IDC) merilis hasil survey terbarunya, dimana Samsung tergusur oleh Oppo sebagai penguasa pasar smartphone Indonesia. Menanggapi hal itu, Samsung menegaskan menjadi vendor dengan penjualan smartphone terbanyak di Indonesia.

Sebelumnya dikabarkan bahwa berdasarkan data IDC, Oppo meraih 26,2 persen market share smartphone di Indonesia, diikuti Vivo dengan 22,8 persen di Q3 2019.

Sedangkan Samsung, menurut data IDC, harus puas melorot ke posisi ketiga dengan raihan 19,4 persen. Diikuti Realme dan Xiaomi, dengan 12,6 dan 12,5 persen masing-masing.

{Baca juga: Oppo “Gaspol”, Samsung Makin Melorot}

Samsung pun memberikan tanggapan soal raihan marketshare mereka yang melorot versi IDC ini. Lewat keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Kamis (21/11/2019), brand Korea Selatan ini tetap mengukuhkan diri sebagai merek smartphone nomor 1 di Indonesia menurut data Gfk.

Ditegaskan Bernard Ang, IT & Mobile Business Vice President Samsung Electronics Indonesia, klaim mereka berdasarkan data dari Gfk pada Q3-2019, Samsung masih menguasai pasar smartphone Tanah Air dengan presentase 42%. Sementara berdasarkan nilai, Samsung mencatat 47%.

“Samsung mempertahankan posisinya sebagai smartphone nomor 1 di Indonesia dengan pangsa pasar 42% (unit) berdasarkan laporan GFK Q3-2019,” tegas Bernard kepada Telset.id.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Bernard mengatakan, laporan GFK pada Q3-2019 menunjukkan bahwa pengguna smartphone Indonesia tetap percaya dan mengapresiasi teknologi dan inovasi yang Samsung berikan selama ini.

Data tersebut, menurutnya, menunjukan bahwa sebagian dari pengguna smartphone di Indonesia tetap mengapresiasi dan percaya terhadap inovasi yang bermanfaat yang dihadirkan untuk mereka.

“Kami percaya pada laporan pasar yang menggambarkan data retail untuk melihat tren pasar riil dan tren pembelian konsumen,” pungkas Bernard.

Sementara itu, Djatmiko Wardoyo, Marketing Director dari Erajaya Group saat dihubungi tim Telset.id mengungkapkan bahwa untuk saat ini Samsung masih menjadi yang paling laris, alias paling banyak diminati konsumen di toko Erafone.

“Di jaringan toko Erafone, smartphone Samsung masih menjadi yang paling banyak diminati konsumen,” kata Djatmiko, saat dihubungi Telset.id, Kamis (21/11/2019).

{Baca juga: Samsung: Kami Kuasai Pasar Smartphone Indonesia}

Dia pun memberikan beberapa alasan kenapa konsumen masih memilih ponsel Samsung. Selain inovasi baru Samsung seperti fitur super steady, NFC, dan baterai yang tahan lama, layanan purna jua Samsung yang luas, mudah diakses, dan cepat juga menjadi kunci dari kekuatan Samsung di pasar Indonesia.

“Bahkan, penjualan Samsung selama kuartal 3 adalah yang tertinggi di tahun ini,” pungkas pria yang akrab disapa Koko itu. (HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here