Samsung akan Lebih Banyak Rilis Smartphone Tizen

Samsung-Z1-TizenJAKARTA – Meski meraih sukses besar lewat Android, namun Samsung sepertinya tidak ingin selamanya terlalu bergantung pada platform buatan Google tersebut. Raksasa elektronik asal Korea ini mulai merintis platform buatan sendiri bernama Tizen, yang akan digunakan pada smartphone dan semua perangkat buatannya.

Meski banyak yang meragukan bakal sukses seperti Android, namun Samsung sepertinya sudah semakin mantap dengan keputusannya yang akan menggunakan Tizen OS untuk smartphone buatan mereka.

Samsung mencoba untuk melihat ke depan dan berencana platform ini nantinya bakal berjalan di setiap produk Samsung. Keyakinan bahwa software berbasis Linux ini akan menjadi salah satu kunci penting di masa depan, karena Samsung melihat sudah semakin banyak orang yang menerima kehadiran perabot rumah tangga pintar.

Seperti dilansir Reuters, menurut sumber di perusahaan menyebutkan bahwa Samsung berencana untuk meluncurkan lebih banyak handset yang berjalan pada sistem operasi Tizen di tahun ini.

Masih menurut sumber yang sama, Samsung akan meluncurkan beberapa smartphone Tizen dengan harga yang bervariasi, namun tidak mengungkapkan spesifikasinya secara jelas.

Sejumlah analis mengatakan, bahwa Samsung ingin membangun ekosistemnya sendiri melalui Tizen, dengan kekuatan pada smartwatch dan televisi premium. Tetapi perusahaan membutuhkan lebih banyak handset yang berjalan pada sistem operasi tersebut untuk memperluas basis pengguna dan menarik pengembang pihak ketiga.

Samsung sebelumnya sudah meluncurkan smartphone pertama Tizen Z1 di India pada bulan Januari lalu, dan kemudian merilisnya di Sri Lanka dan Bangladesh. Hasilnya tidak mengecewakan, karena Samsung berhasil menjual Tizen Z1 sebanyak 1 juta unit di India, yang merupakan pasar smartphone terbesar ketiga di dunia.

Sementara menurut lembaga survey Counterpoint yang merilis laporan pada Mei lalu, smartphone Tizen Z1 menjadi smartphone terlaris di Bangladesh pada periode Januari-Maret 2015.

Well, apakah dengan Tizen OS nantinya Samsung bisa kembali meraih sukses seperti dengan Android? Masih perlu dibuktikan. [HBS]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here