Saingi Apple Pay, Google Umumkan Android Pay

Android Pay
Sistem pembayaran mobile Android Pay

JAKARTA – Event konferensi developer I/O menjadi ajang unjuk gigi bagi Google. Di perhelatan tahun ini, Google mengumumkan kehadiran sistem pembayaran online dengan nama Android Pay.

Kehadiran Android Pay akan membuat persaingan semakin sengit di ranah sistem pembayaran online, karena sudah ada Apple Pay dan Samsung Pay.

Sama seperti kedua pesaingnya itu, Android Pay juga didukung NFC dan sensor sidik jari untuk melakukan transaksi pembayaran via smartphone. Untuk menggunakannya, Anda harus lebih dulu mendaftarkan kartu kredit ke aplikasi Android Pay di perangkat mobile Anda.

Cara memakainya pun sama seperti sistem pembayaran online lainnya, yakni saat melakukan transaksi di sebuah merchant yang menerima Android Pay, Anda cukup unlock ponsel Anda dan tempatkan di dekat terminal NFC.

Pembayaran bisa dilakukan tanpa harus membuka aplikasi atau melakukan hal tambahan lainnya. Pembayaran kemudian akan diproses dengan menggunakan nomor akun virtual, bukan dengan nomor kartu kredit.

Google mengklaim, bahwa dengan tidak memberikan nomor kartu kredit Anda kepada toko/merchant selama transaksi, membuat Android Pay lebih aman daripada pembayaran tradisional dengan kartu kredit.

Anda dapat menggunakan aplikasi Android Pay, tetapi juga bisa sejumlah aplikasi dari bank pendukung, karena aplikasi ini adalah sistem terbuka. Anda akan dapat menambahkan Visa yang ada, MasterCard, Discover, dan debit dan kartu kredit American Express. Lebih dari 700 ribu merchant di AS yang mendukung sistem pembayaran ini.

Android Pay akan bekerja dengan perangkat Android dengan dukungan NFC, minimal yang sudah menjalankan sistem opetarsi Android KitKat ke atas. Di Android M, Android Pay akan mendukung sensor sidik jari untuk otorisasi pembayaran, karena akan ada standar fingerprint API bagi para pengembang untuk mengembangkan sistem tersebut.

Seperti Apple Pay, Android Pay juga akan tersedia dalam aplikasi mobile, untuk membuat proses semulus mungkin tanpa ada gangguan. Jika Anda menggunakan Android M, maka Anda dapat menggunakan pemindai sidik jari perangkat Anda untuk mengotorisasi pembayaran dari aplikasi.

Renacananya Android Pay akan resmi mulai dapat digunakan berbarengan dengan perilisan Android M sekitar akhir tahun ini. Peluncuran akan dimulai untuk wilayah AS lebih dulu. Tetapi Google tampaknya memiliki ambisi merilis untuk sistem pembayaran online ini.[HBS]

 

 

SourceGSMArena

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0