Saat Belalang pun Memakai Kacamata 3D

Telset.id, Jakarta – Para ilmuwan sedang mengembangkan apa yang mereka sebut sebagai Bioskop Serangga 3D. Dengan menggunakan kacamata 3D berukuran mini, mereka menguji penglihatan seekor belalang.

Jika Anda melihat pada gambar, terlihat ada seekor belalang memakai kacamata 3D dan duduk dalam posisi aneh. Sedang melakukan apakah belalang tersebut?

Ternyata, sebuah film abstrak telah berhasil mengungkapkan cara baru melihat dunia 3D. Temuan tersebut digadang bisa membantu memperbaiki penglihatan robot guna mengukur jarak, seperti halnya yang dilakukan oleh pesawat tak berawak.

Dilansir dari The Verge, para ilmuwan sedang mengembangkan apa yang mereka sebut sebagai Bioskop Serangga 3D. Lewat kacamata 3D berukuran mini, mereka menguji penglihatan seekor belalang.

Kesimpulannya, untuk menciptakan persepsi 3D dari gambaran dunia 2D yang berbeda dari dua mata, otak manusia harus bekerja lebih berat supaya bisa mengolaborasikannya.

[Baca juga: Swalayan Pintar Amazon Go Resmi Beroperasi Tanpa Kasir]

Dengan membandingkan dan menggabungkan gambar, otak manusia bisa menghitung jarak benda yang ada di dekatnya maupun yang jauh. Tapi, kalau gambarnya terlalu berbeda, proses penggabungan jadi terurai.

Vivek Nityananda, ilmuwan syaraf dari Universitas Newcastle, Inggris, yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan cukup terkejut dengan hasil penelitiannya.

“Temuan ini cukup mengejutkan. Kendati demikian, semua detail masih perlu disempurnakan,” ujarnya.

[Baca juga: Ribuan Mobil Siap Dijadikan Taksi Tanpa Awak]

Vivek melanjutkan, kesimpulan dari penelitian itu bakal sangat membantu dalam pengukuran jarak maupun perekaman objek.

Ia menyebut, dalam waktu dekat tim akan merancang algoritma yang terinspirasi dari eksperimen tersebut untuk memperbaiki kinerja kamera drone dan perangkat sejenis.[SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI