RUPS XL Axiata Bagi Dividen 215,7 M dan Rombak Susunan Direksi

RUPS XL Axiata 2020 CCO Baru

Telset.id, Jakarta – Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS XL Axiata 2020) telah menyetujui pembagian deviden sebesar 30% dari laba bersih perusahaan yang berakhir 31 Desember 2019 serta perubahan susunan direksi dan komisaris.

Presiden Direktur XL Axiata, Dian Siswarini mengatakan bahwa RUPS XL Axiata 2020 telah menyetujui pembagian deviden yang diambil dari keuntungan yang diperoleh XL untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2019.

{Baca juga: Awal 2020, Pendapatan XL Axiata Tembus Rp 6,5 Triliun}

“Sesuai dengan kebijakan dividen yang dimiliki XL Axiata telah disetujui Dewan Komisaris tanggal 28 Januari 2011, dividen tunai adalah sebesar minimal 30% dari laba bersih yang dinormalisasi di tahun sebelumnya dengan maksud untuk meningkatkan rasio payout di masa mendatang,” kata Dian Siswarini dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/5/2020).

Dian menambahkan, bagaimanapun juga jumlah dividen yang akan dibagikan bergantung pada keuntungan Perseroan, tingkat kecukupan modal XL, kondisi keuangan perusahaan dan hal-hal lain sesuai dengan pertimbangan Direksi serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Dijelaskannya, untuk tahun buku yang berakhir 31 Desember 2019 XL telah membukukan keuntungan sebesar Rp 712,5 miliar. Setelah penyesuaian one-off item, perseroan membukukan keuntungan setelah penyesuaian sebesar Rp 719,1 miliar.

Sesuai dengan kebijakan deviden di mana 30% dari keuntungan setelah penyesuaian sebesar Rp 215.7 miliar akan didistribusikan kepada pemegang saham, setara dengan Rp 20 per lembar saham. Sisa Rp 496,7 milir akan dicatat dalam Saldo Laba Ditahan untuk mendukung pengembangan usaha XL Axiata.

Rapat juga telah menyetuji perubahan susunan Dewan Komisaris, Rapat juga telah menyetujui untuk mengangkat Dato’ Mohd Izzadin Idris dan Dr. Hans Wijayasuriya masing-masing sebagai Komisaris baru XLmenggantikan Kenneth Shen dan Peter J. Chambers.

“Rapat telah menyetujui perubahan susunan direksi dan dewan komisaris XL Axiata,” kata Dian.

Perubahan direksi terjadi pada pos Chief Commercial Officer XL Axiata. Peserta RUPS XL Axiata 2020 telah menyetujui pengangkatan David Arcelus Oses sebagai Direktur dan Chief Commercial Officer (CCO) XL menggantikan Allan Russel Bonke.

Perlu diketahui David sebelumnya menjabat sebagai Chief Marketing Officer XL Axiata sejak tahun 2016. Sebelum bergabung di XL, pria asal Spanyol tersebut juga pernah menjabat sebagai Associate Partner di McKinsey & Company sejak tahun 2006 sampai 2015 dan Research Engineer dan Project Manager di Gamesa Eolica C2i Engineering pada tahun 2000 sampai tahun 2004.

Secara akademis, David berhasil meraih gelar Master of Business Administration dari IESE Business School Spanyol dan Master Degree bidang Industrial Engineering dari Tecnun, Universidad De Nevarra San Sebastian Spanyol.

Pengangkatan ini disambut baik oleh David Arcelus Oses. Direktur baru XL tersebut memohon dukungannya agar dapat membangun bisnis XL menjadi lebih maju lagi.

{Baca juga: Antisipasi Dampak Corona, XL Axiata Buyback Saham Rp 500 Miliar}

Berikut susunan Dewan Komisaris XL Axiata yang baru:

  • Presiden Komisaris: Dr. Muhamad Chatib Basri
  • Komisaris Tan Sri Jamaludin bin Ibrahim
  • Komisaris Vivek Sood
  • Komisaris Dr. David R. Dean
  • Komisaris Dato’ Izzaddin bin Idris
  • Komisaris Dr. Hans Wijayasuriya
  • Komisaris Independen Yasmin Stamboel Wirjawan
  • Komisaris Independen Muliadi Rahardja
  • Komisaris Independen Julianto Sidarto

Berikut susunan Direksi XL Axiata yang baru:

  • Presiden Direktur Dian Siswarini
  • Direktur Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin
  • Direktur Yessie D. Yosetya
  • Direktur Abhijit J. Navalekar
  • Direktur David Arcelus Oses
Previous articleOnePlus Ikut Garap TWS, Desainnya Mirip AirPods
Next articleHuawei P40 Pro vs Samsung Galaxy S20 Ultra SPEED TEST: Kencengan Mana?

1 COMMENT

  1. halo guys lagi pada lagi gabut karena lockdown mendingan join dan gabung di https://enakmain.com/ banyak game yang menarik yang bisa kalian mainkan loh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here