Lindungi Petugas Medis, Denmark Ciptakan Robot Swab Covid-19

Robot Swab Covid-19

Telset.id, Jakarta – Para ilmuwan Denmark telah mengembangkan robot otomatis yang dapat mengambil swab Covid-19 atau virus corona. Dengan begitu, profesional perawatan kesehatan tidak akan terpapar risiko infeksi.

Para peneliti dari Southern University of Denmark (SDU) dan Lifeline Robotics berharap, prototipe robot swab Covid-19 itu bisa segera dipakai untuk “membebastugaskan” para tenaga medis dari tugas pengujian.

Lantas, bagaimana robot tersebut bekerja? Menurut laporan New York Post, manakala seorang pasien menunjukkan kartu identitas, robot swab langsung melakukan persiapan contoh pengambilan sampel uji virus corona.

{Baca juga: Robot LightStrike Diklaim Bisa Bunuh Virus Corona?}

Kemudian, seperti dikutip Telset.id, Minggu (07/06/2020), Thiusius Rajeeth Savarimuthu, profesor robotika di SDU, mengatakan bahwa robot akan melakukan swab dan menempatkan sampel dalam wadah khusus.

Dalam sebuah video, Savarimuthu menguji robot. Ia memposisikan wajah dengan dagu dalam bingkai plastik. Ia lalu membuka mulut lebar-lebar dan membiarkan lengan robot memasukkan sebuah tongkat.

Tongkat itu masuk ke bagian belakang tenggorokan dan memutarnya. Robot swab, yang ditenagai oleh AI atau kecerdasan buatan, akan menggunakan kamera untuk menemukan bagian tenggorokan yang tepat.

{Baca juga: Robot Sinar UV Musnahkan Virus Corona di Mal Singapura}

Selanjutnya, tongkat akan menyeka tenggorokan Anda secara lembut.  “Anda mendapatkan prosedur yang sama berulang-ulang yang akan memberikan kualitas sampel yang lebih baik,” kata Savarimuthu.

Ia mengemukakan, ada permintaan global terhadap robot swab untuk pengujian lebih banyak, pengujian secara lebih otomatis, serta melindungi mereka yang berada di garis depan penanganan pasien Covid-19 di rumah sakit. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here