Robot Hijau Terbaru ‘Android 4.4 KitKat’ Resmi Dirilis

Android 4.4 KitKat
Android 4.4 KitKat

Jakarta – Google akhirnya resmi merilis versi terbaru sistem operasi mobile Android 4.4 KitKat. Menariknya, Android versi KitKat ini bisa dijalankan oleh perangkat dengan RAM minimal 512 MB.

Dari segi tampilan, Android 4.4 nampak lebih baik dari versi sebelumnya. Android KitKat membawa aplikasi phone terbaru yang memudahkan pengguna mencari data kontak, lokasi terdekat, atau bahkan akun di aplikasi Google lainnya.

KitKat juga sudah membawa aplikasi Google Hangout terbaru. Pembaruan di aplikasi ini membawa konten SMS dan MMS dalam satu tempat sehingga memudahkan pengguna dalam melihat pesan.

Sementara pada halaman lock screen, Google memberikan tambahan sebuah jalan pintas (shortcut) yang berfungsi untuk memanggil kamera. Pengguna juga diberikan pilihan untuk menyusun ulang tampilan home screen sesuai dengan keinginan.

Selain itu, seperti yang telsetNews kutip dari GSMArena, Jumat (1/11), Android KitKat juga membawa banyak fitur baru di bagian pencarian. Pengguna kini bisa mengaktifkan pencarian dengan keyword dan teknologi pengenalan suara yang diklaim lebih akurat 25% dibanding versi sebelumnya.

Fitur lain yang dibawa Android 4.4 adalah AirPrint, yakni sebuah fitur yang mirip dengan wireless printing. Fitur ini memungkinkan pengguna mencetak dokumen menggunakan printer yang terhubung secara nirkabel.

Untuk saat ini fitur AirPrint baru didukung oleh beberapa printer buatan HP. Aplikasi Gallery di Android KitKat juga telah mendukung penyimpanan awan dari pihak ketiga (third-party) Google berharap Android versi terbaru ini bisa digunakan oleh segmen, bahkan untuk perangkat dengan hardware low-end.

Seperti diketahui, masalah yang sering ditemui sebelumnya adalah soal memori, dimana beberapa smartphone dengan spesifikasi rendah (low-end ) tidak bisa merasakan Android versi terbaru.

Namun semua kendala itu kini sudah bisa diatasi. Karena Android 4.4 KitKat bisa berjalan dengan lancar pada perangkat yang memiliki RAM 512 MB sekalipun.Google juga meningkatkan kinerja baterai melalui sensornya yang mengurangi permintaan data.

Peningkatan kemampuan lain yang diusung Android KitKat adalah hadir dengan sejumlah tweak dan perubahan untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

Perangkat pertama yang akan mencicipi Android KitKat adalah smartphone Google Nexus 5 yang saat ini masih diproduksi LG. Namun ironisnya, smartphone Galaxy Nexus dengan RAM 1GB dikatakan tidak akan mendapatkan KitKat.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI