telset

Robot Cumi-cumi Ini Mampu Jelajahi Laut Dalam (VIDEO)

Telset.id, Jakarta  – Tim insinyur di University of California San Diego, Amerika Serikat, menciptakan robot cumi-cumi yang mampu menjelajahi laut tanpa membawa dampak kerugian bagi kehidupan lainnya.

Terkadang, inovasi guna mengejar pengetahuan dan perkembangan zaman berpotensi menimbulkan konsekuensi negatif. Sebagai misal ketika peneliti melakukan penyelaman di laut menggunakan robot.

{Baca juga: Drone Bawah Air Berburu Harta Karun di Dasar Laut}

Meski cara itu cukup masuk akal, struktur robot yang kaku dapat mengakibatkan kerusakan kehidupan laut dan lingkungan. Tapi, tidak demikian dengan tim insinyur di University of California San Diego.

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Minggu (11/10/2020), mereka telah menciptakan bentuk robot lunak yang telah dibentuk dan dirancang untuk bergerak seperti cumi-cumi.

Robot tersebut dapat dengan leluasa mengarungi perairan tanpa melukai apapun di sekitarnya. Sebab, tubuhnya sangat lembut. Untuk membantu robot bergerak, mereka menerapkan sistem propulsi.

Sistem itu bekerja dengan cara memasukkan air ke dalam tubuh robot, kemudian mengeluarkannya. Sistem tersebut bertujuan untuk membuat semburan air yang mendorong robot bisa bergerak bak cumi-cumi.

Robot juga memiliki benda-benda seperti sensor dan kamera untuk membantu para peneliti melihat apa yang dilihat. Alat-alat itu juga membantu para peneliti untuk menangkap data guna kepentingan riset.

{Baca juga: Angkatan Laut AS Kembangkan Robot Belalang untuk Lacak Bom}

Namun, robot cumi-cumi hanya dapat berenang dengan kecepatan hingga 0,5 mil per jam. Sejauh ini, para insinyur telah berhasil menguji robot tersebut di akuarium besar dengan hasil cukup memuaskan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0