Cabo, Robot Bartender yang Jago Banget Bikin Koktail

Robot bartender Cabo

Telset.id, Jakarta Robot bartender bernama Cabo di sebuah bar di Korea Selatan jago membuat koktail dari 25 botol yang tergantung terbalik di langit-langit, sedangkan robot yang lain mengukir bola es secara sempurna menggunakan pisau dan alat khusus.

Para robot bartender Cabo mengguncang budaya kafe dan bar di Korsel di tengah penerapan social distancing gara-gara pandemi virus corona. Di luar dugaan, para pelayan robotik tersebut tak kalah jago dari manusia dalam meramu minuman.

Mengenakan rompi dan dasi kupu-kupu, seperti dikutip Telset.id dari Reuters, Jumat (05/06/2020), robot setinggi enam kaki itu piawai mengukir es untuk wiski di bebatuan di belakang bar di Coffee Bar K di Seoul.

{Baca juga: Berkat Bantuan Robot, Mahasiswa Ini Bisa Ikuti Wisuda}

“Apakah kamu melihat apa yang saya lakukan? Saya telah menbuat bola es yang sangat indah. Silakan nikmati wiski dingin Anda,” katanya kepada pelanggan dalam bahasa Korsel. Asal tahu saja, Cabo memulai debut pada 2017 lalu.

Kehadiran Cabo sangat membantu mengingat sekarang kafe dan bar di Korsel mulai rame pelanggan. “Pelanggan cenderung merasa sangat cemas. Kini, mereka nyaman,” kata Choi Won-woo, seorang bartender manusia yang merakit minuman.

{Baca juga: Uni Eropa Pakai Robot Razia Turis di Tempat Wisata}

Di bar kopi Cafe Bot Bot Bot, manajer Kim Tae-wan juga menunjukkan bahwa Cabo dapat menghadirkan minuman dengan kualitas konsisten. Campuran yang mereka buat tidak bisa dilakukan oleh bartender manusia.

Para pelanggan di bar tersebut pun merasa aman dengan sajian sang robot bartender ini. “Sayang, yang agak mengecewakan, kami tidak dapat berkomunikasi intensif dengan mereka,” kata seorang mahasiswa berusia 21 tahun, Moon Seong-eun. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here