Berkat Bantuan Robot, Mahasiswa Ini Bisa Ikuti Wisuda

Telset.id, Jakarta  – Impian Juili Kale untuk menerima gelar magister dalam sebuah upacara wisuda batal total gara-gara pandemi virus corona. Beruntung, ada sebuah robot bantu mahasiswa itu akhirnya bisa wisuda. Bagaimana kisahnya?

Kale, mahasiwa Arizona State University, telah merencanakan acara kelulusan selama berbulan-bulan. Orangtua dan saudara laki-lakinya bahkan siap terbang dari India untuk tiba di Phoenix, AS.

{Baca juga: Robot Anjing Ini “Razia” Warga Selama PSBB di Singapura}

Tetapi, Maret 2020, pandemi virus corona memupuskan segalanya. Kampus mau tak mau ditutup seiring kebijakan penguncian oleh pemerintah AS guna menghentikan penyebaran virus corona.

Upacara kelulusan memang tetap dilangsungkan. Namun, formatnya serba digital. Kamera merekam Kale dan sekitar 140 rekan lulusan yang tampak mengenakan jubah kelulusan dan topi mortar.

Mereka bergiliran menggerakkan robot yang dikendalikan jarak jauh di podium di universitas dengan layar setinggi mata yang menunjukkan wajah. Via robot, mereka menerima ijazah dan berfoto.

Robot pra-pandemi dari Double Robotics, yang berbasis di Burlingame, California, AS, telah digunakan untuk memungkinkan siapapun muncul di pernikahan atau pemakaman tanpa bepergian.

{Baca juga: Robot LightStrike Diklaim Bisa Bunuh Virus Corona?}

“Saya merasakan pengalaman yang inovatif dan kreatif,” kata Douglas Northcott, lulusan Magister Kepemimpinan dan Manajemen Terapan, dikutip Telset.id dari New York Post, Minggu (10/5/2020).

Robot banyak digunkana untuk membantu manusia selama pandemi virus corona. Contohnya di Singapura, Robot anjing buatan Boston Dynamics berkeliling di taman-taman membantu petugas menegakkan aturan social dan physical distancing di sana.

Spot, nama robot anjing tersebut, berpatroli di area publik di Singapura di tengah pandemi virus corona. Ia mulai berpatroli di wilayah River River Plains di Bishan-Ang Mo Kio Park pada Jumat (8/5/2020).

Spot adalah robot anjing buatan Boston Dynamics yang dapat berlari, membuka pintu, menari, dan lain-lain. Ia sanggup beroperasi di tengah terpaan berbagai cuaca dan medan menantang.

Sebagai bagian dari uji coba selama dua minggu, dikutip Telset.id dari New York Post, Minggu (10/05/2020), anjing robot itu dilengkapi dengan kamera untuk berpatroli di taman dan menyiarkan rekaman pesan. [SN/HBS]

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Eau de Space, Parfum Luar Angkasa Buatan Eks Ilmuwan NASA

Telset.id, Jakarta - Seorang ahli kimia bernama Steve Pearce, yang pernah bekerja untuk NASA, membuat parfum aroma luar angkasa....

Asus Zenfone Max Pro M1 Kebagian Update Android 10 Beta

Telset.id, Jakarta - Asus terus melanjutkan konsistensinya untuk memberikan dukungan sistem operasi terbaru bagi seri lawas mereka. Baru-baru ini,...

Vivo Pastikan iQOO Z1x Ditenagai Snapdragon 765G

Telset.id, Jakarta - Vivo iQOO Z1x dirumorkan segera meluncur dalam waktu dekat, tepatnya pada 9 Juli mendatang. Menjelang peluncuran...

Samsung Galaxy M41 Siap Dirilis, Usung Baterai 6,800 mAh

Telset.id, Jakarta - Samsung Galaxy M41 akhirnya menampakkan diri. Sempat dinantikan kehadirannya, kini bocoran terbaru mengenai spesifikasi baterai Samsung...

Setelah MOI, Asus Buka Exclusive Store Baru di PIM 2

Telset.id, Jakarta - Setelah membuka Exclusive Store di Mall of Indonesia (MOI), Asus kembali membuka toko eksklusif terbaru mereka...
- Advertisement -