telset

Robot Anjing Patroli di Pangkalan Angkatan Udara AS (VIDEO)

Telset.id, Jakarta  – Robot anjing Vision 60 segera melakukan patroli di pangkalan Angkatan Udara (AU) Amerika Serikat (AS). Mereka akan menjalankan misi intelijen, pengawasan, pengintaian, pemetaan, dan komunikasi.

Kita semua pernah melihat film robot berpatroli. Mereka tidak lelah, juga mampu “melihat” lebih daripada manusia. Robot anjing dapat melihat hal-hal yang mungkin terlewatkan oleh manusia karena kelelahan atau malas.

{Baca juga: Angkatan Laut AS Kembangkan Robot Belalang untuk Lacak Bom}

Jadi, tidak terlalu mengejutkan jika AU AS melakukan coba robot anjing untuk membantu melindungi kawasan pangkalan. Sekadar informasi bahwa robot anjing Vision 60 dikembangkan oleh perusahaan bernama Ghost Robotics.

Mereka juga disebut sebagai Kendaraan darat tak berawak. Mereka dapat digunakan untuk pemantauan jarak jauh, bersama dengan misi intelijen, pengawasan, pengintaian, serta pemetaan, komunikasi, dan keamanan.

Menurut Ghost Robotics, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Rabu (9/9/2020), robot anjing Vision 60 “tak terhentikan”. Robot anjing Vision 60 punya stabilitas dan pengoperasian medan di hampir semua lingkungan.

“Prinsip desain inti robot anjing Vision 60 mengurangi kompleksitas mekanis dibandingkan dengan robot berkaki lainnya. Dengan mengurangi kerumitan, robot anjing Vision 60 lebih punya daya tahan dan kelincahan,” ujarnya.

{Baca juga: Robot Anjing Ini “Razia” Warga Selama PSBB di Singapura}

Penggunaan robot untuk mengganti tugas manusia memang sedang marak di AS. Baru-baru ini, Marathon Target mengembangkan robot militer dibekali senjata sinar UV untuk melawan penyebaran virus corona.

Tak hanya Angkatan Udara AS yang menggunakan robot anjing. Di Singapura juga ada robot anjing yang mondar-mandir di taman-taman, membantu petugas menegakkan aturan social dan physical distancing di sana.

Spot, nama robot anjing buatan Boston Dynamics itu berpatroli di area publik di Singapura di tengah pandemi virus corona. Ia mulai berpatroli di wilayah River River Plains di Bishan-Ang Mo Kio Park pada Jumat (8/5/2020).

Sekadar informasi, Spot adalah robot anjing buatan Boston Dynamics yang dapat berlari, membuka pintu, menari, dan lain-lain. Ia sanggup beroperasi di tengah terpaan berbagai cuaca dan medan menantang.

Sebagai bagian dari uji coba selama dua minggu, dikutip Telset.id dari New York Post, Minggu (10/05/2020), anjing robot itu dilengkapi dengan kamera untuk berpatroli di taman dan menyiarkan rekaman pesan.

Robot anjing Spot bertugas mengingatkan para pengunjung taman di Singapura untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak aman. Spot tidak akan melacak, apalagi mengumpulkan data-data pribadi masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0