Robot Anjing Ini Bisa Bangun Sendiri setelah Jatuh

Telset.id, Jakarta – Sebuah video menunjukkan aksi robot anjing yang bisa melakukan beberapa gerakan sulit. Salah satunya kehebatannya adalah, robot anjing ini bisa bangun kembali setelah jatuh ke lantai karena ditendang manusia.

Menyaksikan seseorang menendang robot anjing adalah sesuatu yang tidak menyenangkan, meski kita tahu bahwa robot anjing tersebut hanyalah sekumpulan servo dan beberapa komponen berteknologi tinggi.

Namun, ini merupakan reaksi yang penting untuk diuji. Sebab, kemampuan ini merupakan kejadian yang tak terduga, yang mungkin dialami robot anjing di dunia nyata. Terutama jika robot itu akan bekerja di lingkungan yang tidak aman atau bepergian di permukaan yang tidak rata.

Adalah para peneliti dari Institut Teknologi Federal Swiss (ETH) Zurich di Swiss yang sedang melakukan penelitian tentang ini. Dan hasilnya tampak sangat memuaskan.

para peneliti telah menunjukkan bagaimana robot berkaki empat bernama ANYmal memiliki kemampuan seperti aslinya.

Selain mampu menendang dan terus bergerak, para ahli setidaknya berhasil membuat robot anjing ini dapat berdiri sendiri dan kembali berjalan setelah terjatuh.

Baca juga: Wow! Robot Bernama Atlas Ini Jago Koprol

Dan yang lebih mengesankan lagi, kemampuan robot untuk pulih dari pukulan, tidak memerlukan perangkat keras tambahan, melainkan hanya penerapan algoritma baru.

“Kontribusi utama dari penelitian terbaru kami adalah untuk menunjukkan bahwa perilaku rumit seperti itu dapat dilatih hanya dengan data simulasi,” kata pemimpin penelitian, Jemin Hwangbo, kepada Digital Trends.

Seperti yang dapat dilihat dalam video di bawah ini, robot dapat menyesuaikan dan kembali berjalan ketika mendapat dorongan atau gangguan. Kemampuan ini sangat berguna, apabila robot terjatuh, sehingga mampu bangkit kembali.

Kemampuan ini akan membuatnya lebih berguna dalam lingkungan dunia nyata. Selain itu, akan semakin memudahkan manusia mengawasinya saat melakukan tugas.

“Ini berarti bahwa banyak tugas yang dapat dilakukan dengan lebih handal. Kelemahan robot yang ada dalam hal situasi praktis adalah keandalannya alias mampu bangkit sendiri saat jatuh.

Selama ini, jika robot terjatuh, operator manusia yang harus turun tangan untuk membangunkannya dapat berdiri kembali. Masalah ini menghalangi industri untuk menggunakan sistem robot berkaki. Kontribusi kami menjadikan sistem berkaki lebih praktis,” kata Hwangbo.

Baca juga: Robot Anjing Ini Bisa Bantu Bersihkan Rumah

ANYmal baru-baru ini sudah ditugaskan untuk melakukan inspeksi pada salah satu perusahaan distribusi energi lepas pantai terbesar di dunia, di Laut Utara.

Sumber :

digitaltrends.com

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0